TEMBORO, “KAMPUNG” MADINAH

Sampai saat ini mayoritas (seharusnya memakai kata “seluruh”) partai politik dan ormas Islam hanya mengumbar konsep dan janji tentang “apa” dan “bagaimana” sebuah konsep tatanan masyarakat yang berlandaskan syari’at Islam, atau yang lebih populer dengan sebutan “negara madinah”.

Di sisi lain, sebuah desa yang terletak diantara tiga kota, Madiun, Ngawi dan Magetan tanpa publikasi, tanpa bantuan apapun dari parpol dan ormas. Tanpa harus menunggu dukungan kebijakan pemerintah. Sukses dengan apa yang mereka sebut sebagai kampung sunnah, yaitu sebuah tatanan kampung yang mencoba meniru seperti tatanan Madinah ketika masa Nabi hidup.


Temboro, begitulah nama desa ini, meskipun berada di bumi Indonesia, ketika anda menginjakkan kaki pertama kali di desa ini yang terpancar adalah suasana padang pasir, begitu komentar orang kolot. Begitu memasuki gapura desa, terpampang jelas tulisan “Kawasan berbusana muslim”.

Dalam hal berpakaian penduduk Temboro memang kompak, para lelaki memakai gamis, dengan satu alasan, karena mereka ingin meniru idola mereka Sang Nabi Besar Muhammad. Apa itu salah?, lalu bagaimana dengan penggemar celana jeans, padahal celana itu aslinya adalah celana pekerja tambang.

Para wanita berjubah hitam panjang, di antaranya ada yang memakai purdah, cadar dan hanya sekedar mengenakan jilbab. Siapa yang mereka tiru?, tentu saja para ummahatul muslim, istri-istri nabi. Mereka tidak memikirkan apa kewarganegaraan Khadijah ataupun ‘Aisyah.

Sama seperti ketika banyak remaja putri yang mengidolakan britney, tidak hanya tidak memperdulikan dari mana asalnya britney, bahkan agamanya britney pun tidak diperdulikan. Karena britney non Islam yang boleh berpakaian aneh, sedang aku muslim, biar tidak kehilangan identitas keislaman dan kebritney-anku, tetap kupakai jilbab, tapi kupakai celana britney, yah siapa tahu ada yang mau ngasih sedekah lewat belakang, he…he…he

Kembali ke Temboro, salah satu yang menakjubkan adalah ketika terdengar suara adzan. Seluruh penduduk akan beruduyun-duyun menuju masjid, ada yang sambil bersiwak, ada yang menenteng pacul, memanggul karung penuh rumput. Lebih kurang 5000 penduduk akan memadati empat masjid yang ada. Ini adalah buah dari peran aktif Pondok Pesantren al-Fattah yang berada disisi utara dan selatan desa.

Pondok Temboro sendiri saat ini secara de jure memang di jadikan sebagai pusat gerakan Jama’ah Tabligh (JT) di Indonesia. Hal tersebut tidak terlepas dari metode penyampaian dakwah JT Temboro yang memang lebih “adem”. JT Temboro, begitu sapaan akrab bagi anggota JT yang bermarkas di Temboro, lebih mengedepankan hikmah dan kesabaran dalam berdakwah mengajak orang untuk semakin kaffah dalam Islam.

Tentu ini melawan opini umum yang terbentuk di masyarakat adalah, bahwa orang berjubah/bergamis adalah Islam garis keras, tidak mudah bergaul dengan masyarakat umum, bermadzhab takfiri (mudah mengkafirkan orang), sedikit-sedikit haram, dan lain sebagainya. Tidaklah demikian bagi makhluk berjubah Temboro. Bila anda berkunjung kesana, sapaan hangat salam akan menyambut anda.

Saat yang tepat berkunjung adalah hari kamis. Dan sempatkan diri anda untuk mengikuti pengajian selepas maghrib bersama ribuan hadirin. Selepas pengajian, nikmati pengalaman iktikaf di masjid terluas di Karesidenan Madiun. Lalu bangun malam, dan ikutlah menangis bersama hamba-hamba Allah yang tengah menangisi dosa-dosanya.

Rutenya pun gampang dicari, jika anda berniat berkunjung. Bila sampai di terminal atau stasiun Madiun. Cukup mengatakan password Temboro semua Taksi dan tukang ojek sudah tahu. Tapi bila ingin ekonomis, anda bisa berganti bus menuju terminal Maospati. Dari sini semua orang juga sudah mengenal Temboro, tarif ojek biasanya cuma Rp.7.000 doang

Bila ada niat, gak usah takut soal jamuan makan. Karena breakfast, lunch dan dinner gratis..tis..tis.. sepuasnya

Selamat ber-travelling

About these ads

347 Balasan ke TEMBORO, “KAMPUNG” MADINAH

  1. Hery Azwan mengatakan:

    Wah, menarik nih…
    Kapan2 kalau ada kesempatan ke sana bisa mampir nih…
    Btw, pondok sebelah masih takut kena virus ya?

  2. dz. mengatakan:

    penasaran, euy. kampung “madinah” ini termasuk yang mengejawantahkan—hanya—simbol-simbol, apa termasuk yang membahas substansi….

  3. Husna Azizah mengatakan:

    Semoga Alloh memberikan izin kepada saya untuk berkunjung ke TEMBORO, Amien

  4. darmono mengatakan:

    bagi saya sih orang timur tengah pindah ke indonesia.sama seperti orang barat pindah ke indonesia.sama-sama bukan indonesia biar beda ama kebanyakan orang.its OK,asal gak larang orang dengan kebebasannya, hak asasinya.karena surga berbeda sudut pandangnya.setiap manusia punya kehidupan berbeda yang tidak ingin diganggu.bagi saya silahkan dengan islamnya,silahkan dengan lain-lainnya.silahkan dengan kampung pelacuran sekalipun

    • el-mamo mengatakan:

      mas dar…ini bukan tentang orang Indonesia yang ke arab-arabab. Tapi ini tentang sekelompok masyarakat yang begitu yakin bahwa surga itu ada. Dan mereka juga yakin bahwa untuk mencapai kebahagian di surga mereka harus menciptakan sebuah kelompok masyarakat yang juga membawa kebahagiaan,kedamaian dan ketentraman hati. Mereka beranggapan bahwa hidup mereka diperuntukkan “mengajari” manusia seperti anda agar mendapat kebahagiaan di surga selamanya…aminn

    • Abdillah mengatakan:

      Salamullah ‘alaikum
      jangan Berpandangan menurut pola pikir kita sendiri tp yg sbnrnya menurut pola pikir Ulama yg Hak..
      karena kita kan msh bodoh dlm hal agama mk jgn berpikir dan bertindak menurut nafsu dan kesenangan kita tp berpikir sesuai yg dicontohkan oleh nabi, ut mengetahui itu mk kita perlu belajar dg para ulama spy ga salah berbuat..apalagi mslh kebebasan Islam tentu ada aturan..Klo mau bebas nanti di Surga,,disitu tempatnya memuaskan nafsu (makan,minum, n syahwat) sepuas-puasnya.di dunia ada batasannya..
      Makanya saya sarankan kamu jgn Suka belajar dg org kafir atau musuh islam mengenai agama pasti sesat nantinya. Mana mungkin org akan mengajak ke suarga smentara dia sendiri terjerumus ke neraka..
      Cobalah ut belajar dan niatkan ut Perbaiki diri
      insyaallah

      • reren mengatakan:

        yap…
        siraman lembut yang menyentuh ribuan hati…
        moga2 za ku bsa iktan kyak antum smua..
        biar bsa masuk syurga breng lah pstinya…………
        amieeeeeeeeeen….

    • Joe mengatakan:

      SYETAN DARMONO LAKNATULLAH!!!!
      SEMOGA CEPAT DISADARKAN UNTUK TIDAK MENJADI ANTEK-ANTEK ORANG KAFIR UNTUK MEMECAH BELAH UMAT MUSLIM!!!

      saya yakin ini strategi org kafir untuk memecah belah umat.

      • reren mengatakan:

        kLAu mMAng msH Byk skAP yg hIKmah, tutur kta yg LMbut kYAKnya sEMua bkal tRASA Lbh indah sdraku………

    • mystreet mengatakan:

      mas,darmono saya yakin anda org baik dan pasti menginginkan kebaikan,semua orang baik itu sdh ada tulisannya dan termasuk tanda2 org baik,dia seneng melihat kebaikan dan melihat org2 baik yg berbuat kebaikan,semoga kita di golongkan menjadi org2 baik[para sholihin].inilah kehidupan,semoga mati dlm keadaan BAIIIIIIIK.amin

      • nantang darmono mengatakan:

        mw kmu itu pa darmono? neraka? ya silahkan teruskan aja pola pikir kamu..darmono ach… darmono kasihan aku ma km..

    • dimas diko mengatakan:

      klo tuan berkata demikian,berarti tuan menyalahkan Allah swt…karna hukum islam itu saling ingat mengingatkan..andesten??

    • arofah al_makassary mengatakan:

      “man tasabbuh bi kaumin fahuwa min hum” inilah sabda rasulullah yang perlu anda fikirkan” barang siapa yang mencontoh/mengikut-ikuti sebuah kaum maka ia termasuk golongannya”,wahai saudara hari ini kita semua sadar kita islam dan di ciptakan oleh Allah S.W.T,maka tidak sepantasnya kita berbuat semena2 karena kita memiliki tuhan yang penuh dengan kehendaknya,jadi mari berfikir bahwa kita hanya hamba dan kita punya tuhan yang punya perintah lewat al-qur’an maka mari sama2 menta’ati apa yang di perintahkannya dan apa yang dilarangnya.

    • coci mengatakan:

      Astagfirullah, semoga keluarga anda tidak termasuk dalam kampung pelacuran yang anda biarkan karena dalil hak azasi,, pada hakekakatnya hak azasi itu pa hal yang baik2 bukan yang buruk2 seperti yang anda maksud, anda tau tentang kampung pelacuran itu merusak tatanan kekluarga, karena yang banyk kunjungi tempa itu banyak kepala2 keluarga yang berduit, belum lagi akibatnya kepada istri dan keutuhan keluarga..

    • hosnan fauzi mengatakan:

      maaf” menurut saya, cara berfikir ente sama seperti cara fira’un brfikir,yang hidup nya menurut pola fikir’a sendiri,bukan yang di kehendaki Allah (fikirkanlah sendiri)

    • iroel mengatakan:

      andikan anak istri anda di persilahkan masuk neraka, apakah anda hanya berdiam diri dan merelakan mereka disiksa..,di mana keprimanusia’an anda.,

    • Abdul gofur mengatakan:

      Toek Darmono : Anda bisa mengatakan demikian dasar logika seperti apa ? Surga kata anda berbeda sedut pandang ? apa ada kata “Surga” selain bahasa Arab Al qur’an ?. Tuan Darmono memangnya IQ anda bisa menyamai IQ saya ?. Semakin tinggi IQ seseorang , maka ada batasan yg disebut image of High thinking pada sisi manusia tsb , dari kalimat2 anda , anda tdk mencrminkan itu. Jadi saya berkesimpulan anda adalah manusia ber IQ normal yg SOK TAHU SOK PINTAR SOK JAGO dalam menganalisa ISLAM ajaran Rosullulloh SAW. Saran saya belajarlah di pesantren TEMBOROK ikut 4 bulan khurujh fiisabilillah , cobain dulu Dar , sebelum memberi komen2 ttg ISLAM. Saya Abdul Gofur markaz Antapani , Bandung.

    • otak dan hati yang bodoh dan kotor harus di cuci dg nur muhammad,agar kembali bersih dan suci seperti sedia kala , dan semoga kembali dlm keadaan suci , kepada si bodoh dan kotor , harap belajar agar tau diri itu siapa, siapa diri engkau pon engkau tak tau apalagy tuhanmu si bodoh dan tolol bin zionis

  5. darmono mengatakan:

    pahalamu bukan pahalanya,suksesmu bukan suksesnya.
    jangan merasa dirimu contoh yamg paling baik.
    sesungguhnya setiap manusia hidup dengan aturannya masing-masing.sejahat-jahatnya manusia dengan dalih apapun memaksakan aturannya untuk jadi aturan manusia lain.TUHAN gak perlu tangan manusia untuk mengurusi aturannya. biarkan manusia mencari TUHANnya sendiri.biarkan TUHAN bekerja sendiri.jangan pernah ada yang merasa menjadi kepanjangan tangan TUHAN.

    • endi mengatakan:

      orang tak kenal Allah tentulah tak kenal nabi, orang tak kenal nabi pasti tak kenal setan. aturan nabi dikira aturan setan, aturan setan dikira aturan nabi.. kasihaan deh loe.. banyak belajar agama oom jangan kebanyakan buka situs porno. biar ingat kampung akherat bukan ingat kampung pelacuran..

    • nantang darmono mengatakan:

      semakin hari semakin kasihan sama nasib kamu darmono aduuuh picik banget kamu itu

    • Dinz mengatakan:

      Setiap hari kita makan rezeki dari Alloh, tinggal di tempat ciptaan Alloh Dan dilihat pula oleh Alloh. Apakah pantas kita berbuat sesuka hati kita padahal Alloh telah memberikan peraturan-peraturan yang jelas?. OK SILAHKAN BERBUAT SESUKA HATI ANDA ASALKAN JANGAN MAKAN REZEKI DARI ALLOH, JANGAN TINGGAL DI TEMPAT CIPTAAN ALLOH DAN CARILAH TEMPAT YANG TIDAK DILIHAT OLEH ALLOH….!!! Dan sesungguhnya hal itu sangatlah TIDAK MUNGKIN anda laksanakan

    • Santri Mboro mengatakan:

      assalamualaikum ..
      smoga anDA dpt hidayah dri ALLAH SWT,,amiin
      slm bwt smua sntri yg prnh mndok di TEMBORO (Alumni mboro th 2000 – 2005)

      • nano mengatakan:

        sekarang insyaALLAH tiap malem jum at bersama teman 2 ba’da ashar berangkat ke temboro , doakanistiqomqh

    • hosnan fauzi mengatakan:

      laknattullah alaika..!

    • rzl mengatakan:

      dasar gila, kalo gak punya agama gak usah masuk komunitas orang beragama…

    • mohammad mengatakan:

      jangan jangan mas ini orang kafir kok gak percaya ama perintah dalam alquran. perintah amar makruf perintah allah .beraklaq mulia perintah allah. untuk itulah allah perintahkan para nabi untuk mengingatkan akan pentingnya akherat. tapi setelah nabi muchammad umatnya juga punya tugas dakwah. sedangkan masalah dapat hidayah atau tidak terserah Alloh.

    • lpiaarif mengatakan:

      tak kenal maka tak cinta pak darmo ^_^

      kenali dulu baru komentar

    • Abdul gofur mengatakan:

      Darmono , sudah jangan terlalu banyak bersilat lidah, mau gak sy ajak MUBAHALAH ?!!. Bila saya di jamaah tabligh , salah menurut Allah , sy mati. Taqpi bila darmono yang salah menurut ALLAH , kamu yang mati . Mau gk ?. Gua tantang loe Mubahalah , jangan terlalu banyak bacot , berani gak ?? kalo berani 3 hari lagi gu cek situs ini .

  6. crazyworld mengatakan:

    ga jelas sdr darmono ini. anda mo provokasi disini? Sudah ketemu pak Tuhan yg anda cari? Siapa yg memaksakan aturan? Saya rasa artikel migontor kali ini artikel adem, pikiran anda sdr darmono saja yg kyknya berunsur picik dan dengki. Pencarian Tuhan dengan mendalami hakikat semesta bertanya pada Kuasa-Nya. Ato Tuhan anda teknologi? Siapa yg merasa kepanjangan Tuhan?

  7. arofah mengatakan:

    assalamu alaikum………ana salah satu santri pon-pest al-fatah temboro..saya sekrng lagi mondok di magelang pond-pest an-nur,dan saya telah banyak melakukan safar ke pondok2 lain,tetapi pondok pesantren temboro tak ada duanya,pesantren yang betul2 membina desanya….hingga bukan cuman lingkungan pesantren nya saja yang brtakwa,tetapi satu desanya pun ikut brtakwa….inilah barokah dari ulama yang berdoa atas ummat……..semuga kita jaga kena percikan doa para ulama yang salih amin!!!!

    • santri trangkil mengatakan:

      assalamu’alaikum…saya setuju dgn anda arofah

      • ezqilludein rifha mengatakan:

        amieee……..n
        do’akan saya juga teman saya baru saja mulai merangkak menjadi santri diluar sini, yang saya tahu. sebenar-benarnya santri adlah orang yang bisa mengamalkan apa yang ia dapat dari pesantren.doakan saya moga saya bisa mengamalkan agama yang sudah saya dapat dari temboro sini, mohon ijinnya romo kyai, innALLAHH ma’ana
        amieeeeeeee……n

    • saat mengatakan:

      emng zaman sekarang orang thu buta akherat sehingga dengerin kabar tentang akherat itu panas telingax,do’akn aja mudahn di beri petunjuk,amin

  8. Aidil mengatakan:

    Insya Allah ana pingin bersafar ke temboro ama keluarga ana untuk merasakan kedamaian, nur dari orang orang yang memikirkan kampung akherat amin

  9. Aidil mengatakan:

    eit ketinggalan bukan hanya bersafar tapi pulang dengan membawa hidayah agama yang banyak

  10. Den Mas mengatakan:

    kedamaian itu sederhana ya ma? tidak harus rumit, tidak harus idealis, tidak harus dengan semangat berkobar-kobar. intinya, lakukan kebaikan dan semua akan membaik.
    jadi pengin ke temboro, padahal sering bolak balik ponorogo-ngawi, tapi nggak sedikitpun kepikiran untuk mampir ke temboro. woke deh, lepas lebaran mungkin mampir.
    luv this article :)
    btw, ke blogku yah? rssnya sekalian :)

    • nazly mengatakan:

      Alhamdulillah ada kampung yang bisa menjadi contoh.. Semoga banyak kampung di Indonesia yang bisa mencontoh, sehingga Indonesia menjadi negara yang penuh Ridho. BTW kalau ke Temboro ada tempat menginap ga yach.. Dari Jakarta perlu waktu berapa jam perjalanan kereta ? Ada yang bisa kasih info ? Terima kasih

      • muhammad alamsyah mengatakan:

        alhamdulillah, ane baru aja kembali dari sana jenguk keponakan. dia nyantri 1.5 tahun, Alhamdulillah sekarang dah hafiz 30 juz….,
        kalo ente datang baik-baik dan tanya baik-baik pada petugas yang ada, maka ente akan diarahkan ke ruang tamu. di sana ente akan bergabung dengan beberapa tamu yang lain, dengan fasilitas tempat dan makan gratis. trus kemukakan maksud dan tujuan kedatangan ente. saran ane, jangan lewatkan kesempatan berharga di sana tuk sentiasa i’tikaf di masjid yang persis didepan ruang tamu. perbanyak tilawah, zikir, ikuti program masjid semampunya. Insya Allah damai kan merasuk ke hati. trus jangan terlalu banyak jajan, soalnya harga makanan di sana serasa gak beli. trus, jgn lupa sowan kiyai. trus jangan lupa i’tikap di masjid trangkil malam jum’at. dan terakhir, jangan lupa doain ane………….

  11. Abu Salman mengatakan:

    Assalamualaykum…..
    Subhanallah…masih ada kampung seperti itu
    Insya Allah bisa berkunjung ke kampung temboro

  12. Fittriyani mengatakan:

    Subhanaallah. Meskipun cita-cita dari SMU (sejak kenal jamah tabliq) bisa mondok di temboro dan menggunakan cadar, namun karena kelemahan iman dan ketidakpahaman orang tua dengan agama sampe tamat kuliah + kerja pun endak kesampean mondok di sana dan menggunakan cadar. Tolong doakan ana ya bisa tetap istiqomah dan Allah kuatkan iman untuk menggunakan cadar. Tolong juga doakan agar Allah berikan hidahyah kepada ayahanda agar tidak membenci jamah tabliq ini dan bisa ikut serta dalam kerja dakwa ini. Aamin.

    • santri trangkil mengatakan:

      amin.saya doakan ukhti…semoga ayahmu segera mendapat petunjuk,saya santri putri alfattah

      • pernah_kesana mengatakan:

        Luar biasa… trenyuh melihat wanita2nya memakai cadar. Pengen rasanya memetik 1 atau dua… buat dijadikan pendamping. Biar Islam semakin tersebar.

    • suma mengatakan:

      InsyaAllah …ukhty, Allah pasti akan bantu hambanya yg ingin menuju lebih baik.

  13. tony mengatakan:

    islam itu bukan hanya sekedar baju (kulit).suasana padang pasir dan gamis adalah kondisi geografis dan kultural dimana Rasulullah lahir dan di besarkan. esensi Islam yang sebenarnya bukan disana menurut saya.’
    suatu ketika saya pernah ke te temboro, namun saya tidak mendapatkan suasana seperti yang digambarkan pada tulisan di atas.
    terlepas dari itu semua, saya sangat kurang sependapat dengan pola pengajaran yang di ajarkan disana. terlebih berbicara tentang pemikiran lehidupan di dunia. Allah tidak menciptakan bumi ini sia-sia. banyak potensi yang harus digali dan di kembangkan dengan usaha dan kerja cerdas bukan hanya kepasrahan total.
    disamping itu, saya sempat melakukan investigasi terhadap beberapa santri, dari info yang saya dapatkan, tindak kekerasan kerap terjadi dalam proses pembinaan santri. ini pula yang mungkin menyebakan berita heboh yang saya dengar belakangan tentang pembunuhan warga temboro dengan membakar korban dan rumahnya oleh para santri. saya sempat konfirmasi dengan teman yang ada disana, saya malah menjawab jawaban bahwa korban memang layak dibunuh, naudzubillah..inikah kampung Islam itu, kampung yang pernah menganiaya kepala desa (info yang saya peroleh sudah terjadi lama sekali) untuk mempermalukannya di depan umum. subahanallah.
    jauh kalau mau di bandingin dengan geger kalong, apalagi amerika yang lebih menghargai hak asasi.
    selamat berbenah “kampung madinah”. jadilah kampung islami, bukan kampung dengan ciri-ciri fisik mirip islam

    • warME mengatakan:

      Perkara itu saya juga dengar, tapi tolong jangan di generalisasi. Ingat, bukankah di setiap rumah ada WC sebagai tempat menampung kotoran, lalu apakah kemudian kita berhak men-generalisasi bahwa rumah kita itu kotor dan jorok karena ada WC-nya?. Tentu tidak bukan.
      Sama dengan kejadian yang menimpa sahabat saya, karena kebetulan korban adalah rekan bisnis saya dibidang seluler. Saya tidak akan menyalahkan perilaku korban yang tidak bertanggung jawab atas benih yang dia tanam kepada seorang santriwati, sehingga kakak sang santriwati menjadi “beringas”.

      Saya yakin anda juga akan berbuat demikian jika adik atau kakak perempuan anda digituin

      Toh lagipula, pihak pesantren dengan senang hati menyerahkan sepenuhnya pelaku kepada aparat.

      mengenai kekerasan dalam mendidik, saya yakin sudah ada porsinya

    • Abdillah mengatakan:

      Salamullah ‘alaikum
      Saya hanya sekedar menambahkan Mas Warme kp Bp Toni.P
      Islam yg benar memang mesti seperti itu kita belajar mengamalkan Islam secara Kaffah,.kan ada perintahnya di qur’an.Dan Allah SWT telah kasih petunjuk ut mengamalkannya,,bukan hanya itu tp Allah jg Kasih semple (contoh) dlm mengamalkan agama ini. siapa dia ? Dialah Rosulullah SAW,nah ut mengamalkan agama kita mesti ikut sunnah Rosul baru amal kita lakukan disebut Amal Soleh krn ikut contoh bukan amal salah tak ikut contoh..Sunnah yg kita Amalkan targetnya seluruh sunnah nabi mulai nabi bangun Tidur sampai tidur kembali dan dari ujung kaki hingga ujung rambut. karena semua yg rosul katakan dan lakukan itu bukan atas kemauannya sendiri tp itu adalah wahyu dari ALLAH..sesuai dg firman ALLAH Di Q.S An Najm.
      Termasuk jubah ini Sunnah Rosul dlm hal berpakaian. Ini adalah pakaian nabi dan Pakaian para malaikat..Bukan Pakaian org Arab krn nabi lahir di Arab..(Apakah nabi akan pake Koteka andai Allah trnkan/lahirkan nabi di Irian Jaya..Kan tentu Tidak)Trus Mengenai Temboro Coba antum datang dg niat ut Silahturahmi/Perbaiki Diri dan hilangkan prasangka apapun dl hati..Insyaallah akan ada kesan stlh dr sana..Tp klo dtg sdh dg prasngka ga baik mk nanti akan jd ga baik semua..
      Insyaallah.

    • mystreet mengatakan:

      mastoni,nama anda saja kalau di dengarkan rasanya menakutkan,tpi saya yakin anda bukan org jahat.mas kita sama2 usaha dan doa semoga wujud kampung sprti yg dicita2kan,masyarakat madani,semua kita ini masih belajar dlm usaha mewujudkan,namanya belajar terkadang salah itu biasa sprti org yg belajar nytir mobil,salah nabrak org.sebenernya mau marah tapi karena diatas mobil ada tulisan belajar,ga jd marah.mas kt ga tau apa2,dan yang MAHA TAU ADALAH HANYA DIA ALLAH.

    • pencari kebenaran mengatakan:

      Assalamu ‘alaikum……………..
      kasihan juga cara berpikir pak tony ini, apa-apa yang jadi tolak ukur adalah amerika, pola pikir bapak memang beda tipis dengan yahudi, semoga bapak dapat petunjuk kejalan yang lurus, ami…………………………….n !
      Agama bukanlah akal nanti malah diakal-akali, tetapi bagaimana meletakkan nafsu dan akal kita dibawah kehendak ALLAH dan Rasul-Nya yang mulia.

  14. badogers mengatakan:

    assalamualaikum. mo tanya mohon dikoreksi, bukankah gamis itu hanya pakaian orang arab, sedangkan konteks dalam islam pakaian itu adalah yang menutup aurat. saya juga pernah dengar hadits(kalau haditsnya do’if mohon dikoreksi) bahwa nabi kalau salat itu ada yang melihat ketiaknya nabi berwarna putih2 gitu, apaka itu benar? berarti kan kalau pakai nabi pakai gamis kan nabi tidak mgkin kelihatan ketiaknya! mohon bimbingan syukron

    • pernah_kesana mengatakan:

      Mohon bertanya juga, hadist dhoifnya siapa yg mengatakan.
      Kalau ketiaknya keliatan rasanya waktu itu nabi memakai lengan pendek atau setengah lengan yang longgar.
      Beda dengan ulama sekarang, lengannya pake kancing.
      Padahal nabi mencontohkan longgar…

  15. ipunk mengatakan:

    Aku setuju dg mas warME…
    Temboro memang kampung suasa madinah yg bs menjawab siapa saya, dr mana dan mau ke mana? Insya Allah bermanfaat.

    • a mengatakan:

      dan alhamdullillah pondok ini mempunyai santri dari jerman, perancis dan australia jadi bisa ngomong inggris lagi setelah lama tinggal di amerika. dan bisa bertukar budaya karena semua negara asean ada santrinya bahkan laos,myanmar, vietnampun ada.dulupun aku agak berfikir negatif tentang pondok ini. tapi sekarang hujan badaipun bukan halangan meski hanya bisa hadir di kamis malam. dan saya yakin kebesaran Alloh untuk pondok temboro ini. alhamdulliah saya yang berfikiran baratpun diberi hidayah.. moga bisa saya amalkan di negeri barat tempat saya bekerja. tapi memang sudah ada cabangnya juga disini

  16. Abdillah mengatakan:

    Salamullah ‘alaikum warrohmah wal Barokah..Subhanallah saya hanya baru dengar-dengar aja tentang suasana agama di Temboro Seperti Kp Al Madinah munawwaroh,,Dan semestinya seperti inilah yg mesti kita buat di Kampung kita masing-masing hidup dengan Suasana Agama sehingga dg adanya suasana akan timbul amal-amal agama yg akhirnya nanti ALLAH pasti akan turunkan berbagai macam Keberkahan..
    Insyaallah Saya Niat untuk Silahturahmi kesana
    Mohon Doanya y…JAzakallah khoir

  17. mahfuzhur rahmann mengatakan:

    saya termasuk santri cab temboro di lampung ,yang ins. saya akan ngelanjut ke temboro(minta doa) saya kasihan melihat pelikiran orang orang sekuler, yang berasumsi bahwa hidup ini gax perlu peringatan orang lain … saya pesan kepada orang orang sekuler untuk banyak diam dan banyak ngeluarin pendapat yang ngelantur!!!!!daripada tambah dalem nerakanya…dakwah sampai mati, mati dalam dakwah

  18. mgs made agung mengatakan:

    mas kira-kira kalo saya mau mondok disana gimana ya? saya kurang begitu tahu masalah biaya disana? kalo saya itu sangat ingin kesana> mas tolong bisa kasih tau rincian biaya untuk mondok disana ngak ya.

  19. bagoes mengatakan:

    BTW, ada rajam gak di kawasan temboro?…….

    • Binti_Buch mengatakan:

      Sejauh saya menginjak temboro………….

    • Ahmad mengatakan:

      @ Bagoes : Waduh mas Bagoes pertanyaan anda kok kurang bagoes…he he he….
      Ada baiknya anda mempelajari lagi tentang ilmu syariah. Hukum rajam itu ada persyaratannya yang sangat sulit, sehingga tidak begitu saja bisa dilakukan. Kemudian yang berhak melakukannya adalah pemerintah, klo cuma institusi pesantren saja yang nggak bisa. Monggo ngaji lagi mas. Salam Ukhuwwah. Wassalam.

    • BUKHORI mengatakan:

      belom ada karna g ada yg jina.

  20. Binti_Buch mengatakan:

    sejauh saya menginjak temboro……….
    dimata saya temboro adl cahaya kedamaian,yang bahkan takkan anda dptkan di kampung halaman ataupn di rumah anda sendiri,dmn akan merasakan knikmatan dlm beribadah bersama,disaat harus meninggalkannya,maka hati begitu tersa berat tuk mengangkat kaki,seolah ada sayang dan cinta yang akan tertinggal disitu,disana kita akan menemukan rasa,rasa takut akan sebuah kemaksiatan,melihat yang bukan mahrom,bernyanyi,bahkan untuk terlambat masuk kelas pn anda merasa takut.dan disana kita akan menemukan sebuah fikir dan kefahaman,dmn akherat begitu nyata di depan mata,akherat begitu terasa dekat dan bayang2 hadirnya kiamat pun hadir dibenak jiwa,n disaat spt itu apa yang anda lakukan??apa anda masih berpikir untuk terus mengikuti mode baju2 terbaru sbgmn yang dilakukn anak2 remaja,atau berlomba2 terjun ke dunia entertainment,atau bercita2 tinggi utk skolah dan menjadi pengusaha besar??klo anda mati besok apa semua itu akan anda dptkn??

    • santri trangkil mengatakan:

      saya nangis baca komentar kmu,karena begitulah yg saya rasakan saat ini,sedih sekali hidup jauh dari suasana agama,saya selalu berharap bisa memperbaiki diri yg rusak ini,doakan saya

  21. nukles mengatakan:

    Tp…temboro itu sring d’sebut jamaah tabligh yah???
    Kyknya byk yg pro N kontra tentang ajaran jamaah itu…

  22. Khairun Nisa mengatakan:

    kapan iia aq bisa ke Temboro…

  23. dod mengatakan:

    jamaah tabligh itu bukan ajaran
    tp gerakan orang islam untuk menumbuhkan semangat mengamalkan agama,dengan silaturahmi ke seluruh dunia

  24. andi mengatakan:

    mudah2an di naggroe aceh darussalam jadi seperti kampung ini amin…. ya Allah…

  25. wahid mengatakan:

    bagiku ” tetap tawadlu’,sopan, baik ucapan, perbuatan dimanapun, kapan saja dan dengan siapapun ” lebih-lebih norma2 yang berlaku di masyarakat jawa.karena letak pesantren di tengah2 masy. jawa, perlu dikembangkan sikap tasamuh dan mampu beradaptasi dengan lingkungan. SYUKRAN

  26. mgs made agung mengatakan:

    mohon mas infonya ya mas.. saya ini kan tamatan sma saya ingin mondok disana untuk nuntut ilmu agamanya, namun tidak sekolah apa bisa mas?

  27. mgs made agung mengatakan:

    mas disana itu kalo yang udah lulus sekolah sma itu belajar apa aja… gmn mas saya merasa kurang dg ilmu agama, maka dari itu saya sangat ingin untuk kesana.. mas saya sangat berterima kasih atas info2 yg mas berikan.. saya asli dari Palembang,

    • santri trangkil mengatakan:

      belajar semw tentang agama,akidah,qur’an,hadist,pokoknya lengkap mas,waktu saya msh mondok disana setiap sore ada nasihat dari pak kyai

  28. uzair mengatakan:

    pengen bgd balik lg ke pondok al fatah…

  29. mgs made agung mengatakan:

    mohon maaf mas warmee kenapa comment saya yg sebelumnya belum dibalas? tolong mas di bales biar saya dapet infonya yang jelas.

    • khadijah mengatakan:

      INSYA ALLAH, JIKA NIAT MAS AGUNG BENAR2 UNTUK MENDAPATKAN ILMU AGAMA, SEMUA AKAN DIMUDAHKAN.
      KRN.BNYAK JUGA SANTRI YG.TERBATAS (EKONOMI) MONDOK DISANA.
      KARENA PP.AL FATAH (INSYA ALLAH SEMUA SAUDARA2 YG.TELAH TERJUN DLM.USAHA DAKWAH) HANYA BERGANTUNG DAN PERCAYA 100% KPD.ALLAH YANG MEMBERIKAN KEMUDAHAN2.
      COBALAH DTG.DIMESJID(MARKAZ JT) DEKAT DAERAH ANTUM, NANTI AKAN ANTUM DENGAR BEGITU BANYAK KISAH SUKSES UMAT KRN.PERTOLONGAN ALLAH SWT. JIKA KITA MENOLONG AGAMA ALLAH MAKA ALLAH JUGA AKAN MENOLONG KITA (DUNIA & AKHIRAT, FULL N GARANTIE)

  30. Annisa mengatakan:

    Aslmkm,
    Subhanallah ana ingin ke temboro..
    Udah jenuh,dan khwatir dgn lingkungan skarang,
    Tp apa daya,ana msh kuliah
    Kbtulan tetangga ana ada yg dr temboro,
    Cuma ana segan brtanya,krn beliau ikhwan..
    Ada ga ya akhwat dr temboro?
    Qrim email ke ana ya

    • khadijah mengatakan:

      Assallamualaikum,
      Mbak Annisa, mencari ilmu agama Islam bisa dimana tempat (dirumah,lingkungan pengajian,disekolah,diUniv.Islam) tapi belajar dan mengamalkan sekaligus menjadi umat Islam layaknya para istri Nabi Shallallahu alaihi wa sallam dalam kehidupan sehari-hari mulai bangun tidur sampai mau tidur, sikap/ukhuwah islamiyah,mencari nafkah dll. Insya Allah di Temboro benar2 kamu dapatkan. kamu akan mengabaikan keinginan duniawimu, terus terang hatimu akan merasa tenang tidak ada rasa ambisi kecuali ambisi untuk lebih baik dalam mengamalkan ibadah agama.(ini yg.saya rasakan ketika berkunjung kesalah satu Pesantren dakwah juga di Ngawi.

  31. mgs made agung mengatakan:

    hati ini mulai merindukan suasana di kota santri. bagaimana ini saya belum bisa mendapatkan info yg detail tentang temboro. ada gak ya alumni temboro yg tinggal di Palembang. sumatra selatan

  32. Syarif mengatakan:

    Saya kutip: “Inilah tempat wisata religi sesungguhnya dan dijamin tidak akan pudar sebagaimana pudarnya Geger Kalong setelah kedatangan istri muda Aa Gym”

    Insyaallah kalau memang berjalan di jalan Allah dengan tidak “mengolok” pesantren lainpun, temboro akan tetap jauh lebih baik.
    Jadi ingat waktu jaman kampanye presiden, masing2 saling menjatuhkan bukan berlomba berprestasi dengan kesuksesan, besar karena mengkerdilkan yang lain = licik.
    Semoga ini tidak terjadi di pesantren.

    Salam

    • sisukagratis mengatakan:

      Saya juga tidak setuja eh…setuju pada bagian yang saudara Syarif kutip…..ada unsur Ghibahnya…

      Tapi ini bukti otentik bahwa beliau yang menulis artikel ini adalah manusia juga….karena manusia cenderung salah dan lupa…^_^

    • khadijah mengatakan:

      betul,,agar dikoreksi buat para saudara2 yang bergerak dalam USAHA DAKWAH, tidak ADA JAMAAH TABLIGH, yang ada adalah JAMAAH ISLAM, UMAT NABI,
      Usaha dakwah ini adalah tugas semua umat Islam, bukankah setiap Ijtima’ para Ulama sepuh(syuro) selalu mengatakan :
      1.LEMAH LEMBUT dalam dakwah
      2.USAHA DAKWAH INI adalah sunyi senyap, para usahawan jangan merasa riya’
      3.TETAP ISTHIQOMAH, JAGA AMALAN INFIRODI, JAGA LISAN KITA.dll.
      jangan sampai Islam terpecah belah sehingga musuh sebenarnya (KAFIRIN) tertawa.
      jadilah 1 golongan dari 73 gol.yang telah diriwayatkan oleh banyak Hadis (sabda Nabi SAW)

  33. mee ^_^ mengatakan:

    asslmkummm …
    kaevv hall ??
    duhh pengen balik ke temboro ter cinta lg dehh ,, kangen tau .
    saiangx udahh byong cccciii ..
    insya Allah temboro makin succes . mencetak para dai & daiyah ,
    pkokx bwt alfatah makin siiiP aJa deHhhhh ..
    miss BeUdhh . :)

  34. mee ^_^ mengatakan:

    i luuppppphhhh u aLfatahhhhhhhhhhhhhhhhhh … :) :) :)

  35. Mully mengatakan:

    Mudah-mudah dengan izin Alloh SWT desa-desa dan kota-kota lain bisa menyusul seperti Temboro.. Amiinn..
    Silakan anda berkunjung ke Temboro kapan saja, karena disana memang sudah hidup suasana Islam zaman Rasulullah SAW 24 Jam. Jangan dulu berkomentar sebelum anda berkunjung, biarkan hati anda yang menilai..
    Jazakalloh..

  36. RUSMADI mengatakan:

    Temboro adalah desaku yg permai terima kasih telah mengenali desa kelahiranku ,dan terima kasih atas do,a ygkalian oanjatkan semoga kalian di berkati allah swt dan di limpahkan rizki, serta hidayah nya amin

  37. RUSMADI mengatakan:

    jikada waktu yg senggang berkunjunglah ke desa ku , dg alamat desa temboro [bali batur] kecamatan karas magetan jawa timur indonesia , jangan lupa singgah ya

  38. syarif mengatakan:

    Mas Joe, kenapa harus mengucapkan kata sekasar itu, bukankah dengan kelembutan akan lebih berpengaruh mengubah hati seseorang yang keras menjadi lembut (hidayah), yang lemah menjadi kuat (iman) dst. Apakah menghujat sesama (mungkin sdr Darmono juga muslim)diajarkan oleh junjungan kita nabi Muhammad SAW?. Bagaimana Rasulallah memperlakukan orang non muslim yang melemparinya setiap pagi dengan kotoran manusia dst, yang akhirnya menjadi muslim.
    Semoga kita selalu ada dalam petunjukNya

  39. NUR HAMID mengatakan:

    terus maju temboro Allah bersamamu

  40. NUR HAMID mengatakan:

    Semua usaha yang bertujuan untuk menegakkan agama Allah selalu ada saja hambatan,cercaan dan fitnahan tapi maju terus temboro aku mendukungmu dari hatiku yang paling dalam.

  41. aLine mengatakan:

    Sayangnya di Temboro,akhlak kakak pembina di PonPes Putrinya kurang baik..
    Saya aja sampai boyong karena tidak tahan di kasari sama kakak-kakak di sana..
    Seandainya Romo Kiyai tau..
    Beliau pasti marah besar,,,

    • hambaNya mengatakan:

      kalo emg Qt mw ikt aturn yg ada, niat mcari ilmu, mngamalkan agama, mcari dan mngejar RIDHO dan RAHMATNYA,,,,,,,, INSYAALLOH yg spti tak bsa mHAlangi niat dan kmauan qt……..

    • mystreet mengatakan:

      MBA MAAF NYA KLO ADA SALAH,namanya manusia kadang lupa,.kita ni sprt dlm suatu perjalanan yg jauh yg di jalannya banyak duri,masa cuma karena ketusuk duri sedikit aja kita mundur,ga jd jalan.mba kita ni lemah semoga ALLAH berikan kita kekuatan.amin

    • moh haris mobongi mengatakan:

      QT SAMA MBA,,,,
      tpi semua cobaan yang qt dapatkan di mana aja pasti ada hubungannya dgn amalan qt,jangan kan di tempat yang penuh keberkahaan kayag gitu,di tempat yang penuh kemaksiatan aja pasti qt akan maendapatkan maalah klu qt kurang baik amalan qt,,,,,,,,,,,,,

    • Hamza Assulawesi mengatakan:

      hehehehe…itu tapi yg lain tidak kan..memang ada juga yg kurang baik..

      kok boyong sich Ade..nga sabaran yaaa
      kok ngak lapor sama Romo yayi…hehehe

      salam Anak hikmatan

      • aLine mengatakan:

        Hamza Assulawesi:
        Gimana mau lapor sama Romo rang beliau di Ndalem, sedang kami di trankil putri..
        Saking ga betah nya saya udah Mbedal( Kabur) beberapa kali .. T___T

  42. DeL Ade mengatakan:

    Amasya ALLAH…perjuangan orang orang yang telah dipilih oleh allah sebagai kekasihnya rupanya sudah semakin besar hasilnya…
    banyaknya fitnah dan cecaan sabagai loncatan untuk kita dapat berjuang dan memperkust imsn.
    temboro memang tiada duanya,,andai orang yang mencela tau betapa indahnya mengamalkan islam secara sempurna..dengan tidak mencari cari kesalahan dari yang lain pasti kita akan temukan islam yang sebenarnya..
    mungkin pemikiran mas TONY punya fikiran yang tidak kurang baik dengan suasana disana karna hatinya mas tony tida sungguh sungguh untuk memuliakan islam.
    mas toni seperti merasa bahwa faham yang di anut mas tni sudahlah bnenar……..
    semoga kita akan mendapatkan kefahaman dan hidayahNYA.dan diridhoi oleh ALLAH.
    jangan menjatuhkan saudaramu sendiri mas..Padahal jika kita bisa bersatu dan menyamakan Fikroh maka Psti islam ini akan indah..
    cobalah memberi masukan untuk membangun apabila saudaramu yang lain punya kekurangan.
    tau kah sudaraku..saat ini kita sedang diperangi oleh orang kafir dari semua sisi..termasuk memecah belah dan menanmkan fikiran fikar buruk kepada islam…

  43. DeL Ade mengatakan:

    Semoga Islam dan perjuangan tetap jaya…
    saya berdoa untuk dapat kembali kesana…tetapi setelah selesaikan studi di kampus..sy pengen sambil mempraktekan ilmu yang saya dapat disini sekalian belajar agama di temboro..saya pengen berkhikmad.
    temboro telah menjadi pondasi yang kuat untuk saya bisa bertahan hidup di zaman saat ini…
    temboro yang telah membentuk pribadi yang baru untuk saya(maksudnya PONPES TEMBORO)
    hanya sedikit masukan untuk saudara saudaraku yang disana..
    ” saat ini dunia luar merindukan para pemuda yang berilmu agam dan akhlak yang baik..yang dapat berbaur dengan masyarakat dan mengajak pada kebaikan”

  44. ramlan korompot mengatakan:

    Allahu Akbar..3x….Allah mengijinkan saya walaupun hanya sehari di temboro untuk menjenguk kakak saya…jauh2 dari papua.Alhamdulillah ya Allah…apa yg aqu lihat sungguh luar biasa..sapaan yang hangat dan kekeluargaan dari penduduk kampung Madinah.waktu2 Sholat Masjid2 terisi penuh.suasana Islam sangat kental..### Maju teruuuss Temboro..>>semoga Allah mengijinkan saya Untuk kembali ke KAMPUNG MADINAH..

  45. abiwasi mengatakan:

    Ya Allah, karuniakanlah kepadaku rasa cinta kepadaMu, dan rasa cinta kepada orang2 yg mencintaiMu,serta rasa cinta kepada orang2 yang mampu mendekatkan aku kepadaMu, Ya robb, hindari hambaMu ini dari segala tipu daya Dajjal laknatullah alaih. Mohon diaminkan oleh pembaca.

  46. DAI mengatakan:

    Setahu saya setelah berkali2 ke sana, kalau berpikiran negatif tentang temboro, itu hanya karena masih belum tahu informasi yang lengkap tentang temboro.

    • moh haris mobongi mengatakan:

      DOAIN AJA YA MAS,,,,
      YUK KITA SAMA2 MENDOAKANNYA BIAR MEREKA2 SEMUA BISA MELIHAT TEMBORO DARI DEKAT :-)

  47. ariev mengatakan:

    saya adalah seorang mantan santri temboro sekitar 4 thn temboro adalah slh satu pondok yg hebat sejuk dan luas pemandangan nya

  48. mystreet mengatakan:

    this my street,only in here.amin

  49. nur'aini asyfa mengatakan:

    Assalammualikum ww, semoga semua umat islam ini selalu Allah SWT berikan hidayahnya. MasyaAllah wahai saudaraku umat muslim muslimah disana ‘Temboro “begitu indah nya kehidupan kalian dengan usaha dan dakwah kalian dan doa-doa orang-orang soleh insy’Allah dengan ketulusan, Allah memberikan kenikmatan iman kepada kalian dan umat seluruh alam.betapa indah nya andai saya disana, suasana islam dengan meningkatkan iman saya nikmat beribadah saya dan orang tua saya, saudara saya. wahai saudara ku beruntung kalian di berikan Allah kesempatan untuk meninmbang ilmu dan hikmatnya suasana islam , yang sama-sama kita merindukanNYA. wahai saudaraku ku ingin mengajak adik ku dalam usaha dakwah ini. kalau ada info dalam sistem pesantren pondo kdakwah ini bisa hubungi. ilalliqoq

  50. akbar mengatakan:

    Insya Allah saya segera Memondok Di Temboro Amin…………

  51. SSSSSSHHHHHHHHHHHH mengatakan:

    Temboro Kampung Madinah

  52. rudi mengatakan:

    Asslmkm. Apakah ada pendaftaran santri baru?

    • moh haris mobongi mengatakan:

      qmclm,,,,,,,
      setiap harinya ada pendaftaran mas,karna kyainya sangat senang klu ada seorang anak yang mondok,mau belajar semua sunnah2 nabi,,,,,,,
      INSYAALLAH MAS,,,,,,,,,,,,,,,,,,,??????????????

  53. rahma or naveetsah mengatakan:

    assalamu’alikum..
    aq Rahma yunita or Naveetsah di bengkulu sempet mondok di Mboro taon 1996-2000.. lama jg yach,..?
    aq mo’kasih tw buat yg blom pernah ke Al fatah nich..
    suasana di mboro tu emang laen banget..meski dah tengah malem ada aj santriwati yg masih ngaji,belajar ato qiyamul lail.
    aq seneng banget hawanya dingin..percaya ga’ sich.. kalo’ lama tinggal di Al fatah kulit jd putih n’ bersih..?
    kena air wudlu terus sich..
    kalo’ dulu malem jum’atnya ada acara sholawatan.. syahdu banget dech..
    aq kangen Alfatah, q berharap suatu waktu bs silahturahmi ke sana lg..
    terlalu banyak kenangan indah yg tertinggal disana..
    ok ya..buat yg kenal aq,tlg hubungin aq yach..

    • santri trangkil mengatakan:

      nangis kangen dan terharu inget alfattah,yg ada sekarang aku bingung mw gimana

      • moh ghozali mengatakan:

        iya jadi kepingin balik ke temboro lagi.. cuma sayang aku dah 2 kali boyong…

        pernah waktu dah boyong di terima lagi sama gusbet…
        jadi rindu sama trangkil euy..
        mana hafalanku dah pada buyar..
        astagfirullah haladzim…. seandainya kalo masih di temboro mungkin aku masih bisa mnjaga hflnku…..

      • Hamza Assulawesi mengatakan:

        bener yaa santri trangkil
        heheheh habis boyong sih,,makanya bingung,,

      • pencari kebenaran mengatakan:

        akupun sama seperti kalian, rindu dengan suasana agama yang ada di temboro, mendengar tausiah dari Romo Yai ba’da ashar, sejuk rasanya hati ini, apalagi klo ada masalah, biasanya Beliau akan menjawab didalam ngaji sorenya ato dalam bayannya.
        dan masih ada lagi, biasanya orang klo melihat orang berjanggut dan bergamis, maka diantara mereka ada yang bertanya “apakah orang-orang seperti itu bukan bagian kelompok teroris, apa kamu tidak takut gabung sama mereka ?” , aku hanya menanggapinya enteng dan menjawab “klo aku tidak takut sama teroris, karena dulu saya suka makan teroris(terong diiris-iris), he…he..he…,lalu aku katakan kepada mereka “apakah karena segelintir orang yang berbuat demikian lalu kita menghukumi semuanya sama ? klo begitu semua yang berdasi dan berjas adalah koruptor semua, karena hari-hari dalam pemberitaan yang ditangkapi KPK adalah yang berdasi dan berjas” akhirnya mereka diam. do’akan aku biar istiqomah amalkan agama. dakwah maksud hidup, hidup untuk dakwah dan dakwah sampai mati

  54. Ana Nurdana mengatakan:

    Alhamdulillah…ada yg aq cari2 slama ini,kirain ga ada Blognya….doain semoga anakku bisa nyanti di Temboro….dan doain saya bisa keseluruh alam untuk kerja atas iman…
    Amin

  55. kyai gendeng mengatakan:

    manusia itu di karunia Allah sifat-nafsu dan nurani. dan setiap manusia itu di beri pikir untuk memikirkan hal-jhal yang manusia itu sendiri sulit untuk merasionalkan. khususnya hati, cara pandang dan juga keyakinan. saya sangat sejuk membaca kulture desa temboro. temboro secara social sangat sukses menghipnotis masyarakat untuk memementingkan kampung akhirat. dan saya rasakan ini sebuah anugrah atas usaha dakwah. semoga Allah menyebarkan hidayah keseluruh alam. atas usaha saudara kita sesama muslim atas menyampaikan risalah NAbi besar MUHammad.

  56. moh haris mobongi mengatakan:

    assalamun’alaikum,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,
    saya sangat berterimakasih kepada ALLAH SWT,karna telah mempertemukan saya dgn PONPES AL-FATAH,karenanya saya bisa lebih mengenal apa yang namanya dunia,dan nikmatnya bersusah2 di dalam mengamalkan sunnah2 nabi,
    “JAYA TERUS AL-FATAH,INSYAALLAH APA YANG DI NIATKAN KH,UZAIRON THOIFUR ‘ABDILLAH “TEMBORO AKAN MENJADI SEPERTI MADINATULMUNAWWARAH”AKAN SEGERA TARJADI”

    ————————–^__^————————–

  57. umma-ali mengatakan:

    Aslm, saya pun pernah ziarah kg temboro, masyaAllah, jika kita benar2 usahakan iman tak mustahil kampung2 kita juga jadi seperti temboro…2 org anak lelaki saya santri di ponpes Al-Fatah, satu anugerah yg besar dari Allah kpd keluarga kami…alhamdulillah… Sudah ramai anak malaysia yg belajar di sana…

  58. dzuriyah shiddiq mengatakan:

    ku dtg k temboro hampir sidasawarsa.i love temboro forever.ngga bisa pisah deh hatiku dari temboro.kalao toh suatu saat ragaku berpindah ke tempat laen,ngga tau kan namanya takdir,tapi hatiku tetaplah manusia temboro.

  59. umma-ali mengatakan:

    Aslm,
    Saya copy paste artikel mengenai Temboro ke dalam blog saya untuk tatapan rakan blog di malaysia.
    Maaf tidak minta izin dahulu. Jazakumullahukhoiran jaza’.

  60. fitri darkie' mengatakan:

    bagi yang belum pernah ke temboro coba aja deh maen ke sana…coba liat kehebatan orang sana.mereka bukan hebat karena kuat,tapi karena bisa mengikuti sunnah2 nabi.jangan cuma kasih coment tapi belum pernah ke sana.basi….

  61. Azha mengatakan:

    bulan sembilan 2010,,, saya akan ketemboro… untuk mondok

  62. mas jo mengatakan:

    aku kangen suasana rumah ALLAH di Temboromu

  63. daud mengatakan:

    InsyaAllah … sy juga mahu mondok d temboro …

  64. rhey mengatakan:

    doakan saya agar dapat sapar kesanauntukmelihat kampung yanginsya allah dirahmati allah itu..
    dan doakan agar saya di tambahkan pengorbanan nya dalam agama ini untuk dakwahkan agama islam keseluruh alam.
    AMIIIIIINNNNNNN

  65. rhama dana purneka mengatakan:

    insya Allah, saya kesana,,,soalnya saya ingin sekali…
    mondok kesana…
    doakan saya ya..
    amiiin….

  66. Jumaat Siswanto mengatakan:

    Asskum wr wb
    Tolong dikirimkan formulir pendaftaran dan tata cara masuk pondok pesantren TEMBORO.
    Karena saya mau mendaftarkan anak saya yg sekarang masih sekolah di ponpes daerah jakarta.
    Dan kalau bisa daftar on line apa by phone mohon di konfirmasi ke email saya ini.
    Terima kasih diucapkan atas bantuannya.
    Jumaat Siswanto
    wasalam wr wb

    >>>>>>>>>>klo pendaftaran kayaknya langsung bertemu dengan kyai atau ustad yang diamanahi
    pendaftaran buka setiap hari, setahun penuh

  67. Bettie Dean mengatakan:

    migontor.wordpress.com’s done it once again! Great article.

  68. ahmad mengatakan:

    mohon maaf ada tidak pesatren yg untuk akhwatnya ?umur 20-2 an
    atau ane dneger ada juga yg di magelang ? ada yg pynya infonya ?

  69. dimas diko mengatakan:

    wahai sodara ku yg lgi mondok di tamboro,mohon doa kan aku supaya aku aktif lagi dlm usaha dakwah…dan jg ikut mondok,

  70. hamba Allah mengatakan:

    masya allah.. temboro meupakan pondok yg telah mencetak banyak para dai2 allah, ulama2 & para hafidz2 alquran.. semoga Allah menerima semua amalan2 kiai Uzairon, & semua yg telah ikut brjasa dalam mndidik para santri2.. amiin.

  71. wahyu krisdianto mengatakan:

    insyaalah, setelah kejadian yang menimpa saya ini saya akan pergi kesana, semoga allah memberikan kesempatan buat saya pergi kesana untuk mengikuti ajaran2 allah dan nabi2 allah, do’ain saya semoga saya bisa cepat kesana, aminn

  72. mawar,tng mengatakan:

    Ana santri nih pesen kyai temen semua harus meluangkan waktu tuk agama karena waktu mu kan habis juga coba korban wktu anda 3 hari tuk mengenal kehidupan orang islam yang tumbh dalam dirinya cinta perjuangan nabi yakni menyayangi umat seperti sayang 70 kali ibu kpd anak Nya “kyai”katakan WAKTU MENJADIKAN CERITA MENJADI NYATA”

  73. gembili mengatakan:

    Yah ana telat dpt petunjuk. Skrg dah umur 32 tahun. Anak satu. Mau mondok masih pantas ga ya?

  74. Sultan Tengku Maulana Yusuf Iskandar Muda mengatakan:

    Maulana Muhammad Ilyas Rah a Dia Penerus Perjuangan Dakwah Rasulullah Saw Selama Maqomi Maulna Ilyas Terus Kerja Untuk Buat amalan Supaya Umat taat Pada Sunah
    Memakmurkan Masjid

    Sultan Tengku Maulana Yusuf Iskandar Muda
    Jumidar dalwah

  75. zai mengatakan:

    pengen rasanya ana ke temboro lagi.
    supaya dapat hidayah…

  76. heandry7 mengatakan:

    subhanallah pengen rasanya ke temboro! kpan ya bisa kesana ? insya allah

  77. Muhammad Ridwan mengatakan:

    Subhanallah…. Pengen rasanya mondok ke sana… Doakan ana yah selesai kuliah 2 atau 3 tahun lagi bisa mondok ke sana…
    Apakah jika berumur 22 atau 23 tahun masih bisa menjadi hafidz alim ??

  78. aisyah humairah mengatakan:

    assalamualaikum………..
    ana pengen banget pergi ke temboro…soalnya ana ini penduduk Malaysia…tapi ana pengen banget pergi ke temboro…ana cuma mau tau gi mana caranya mau pergi ke temboro..mohon ada respon..

    • mudah ja kok mengatakan:

      cara nya mudah jan kok ant pergi ja ke markas terdkat di malaisia

      • aisyah humairah mengatakan:

        syukran krna sudi membalas..soalnya ana tidak tahu markas terdekat di malaysia…ana pengen banget ke sana…mau merasai suasana di sana…

  79. azis wijaya mengatakan:

    YA ALLAH BERIKALAH ANA KESEMPATAN UNTUK BISA BERSAFARI DIPESANTREN ALFATAH…..SAYA NANGIS SETELAH MELIHAT KAMPUNG DISANA MELALUI VCD SANTRI YG DIBAWA DR SANA. DISITU MEMPERLIHATKAN KEISTIQOMAH DALAM MENJALANKAN SUNNAH….KAPAN JUGA BISA SEPERTI KAMPUNGKU…..DOAKAN

  80. bagas mengatakan:

    aq ne…. trmasuk orang yg simpati sma kmpung madinah ne…………..

  81. aisyah humairah mengatakan:

    salamullahialaik…
    subhanallah..i’m so fascinated with temboro village..i really hope..i can go there..be a part of temboro…i really really wish..i can go there..but how..?
    please..tell me..how to go to temboro..

  82. sulayman zainuddin mengatakan:

    wait 4 me temboro………

  83. aisyah humairah mengatakan:

    salamullahialaik..
    ana pengen ke temboro..
    especially pergi ke pesantren al fatah..
    ana mohon…tolong bagi tahu ana gi mana caranya untuk pergi ke temboro..ana ini orang malaysia..mohon bantu ana…

    • muhammad alamsyah mengatakan:

      mudah insya Allah. terbang dari KL ke Surabaya. dari airport, cari taksi ke terminal bungur asih, Surabaya( mungkin hanya 20 menit). trus, naik bus lagi jurusan Solo/jogja (disarankan bus Mira) mungkin sekitar 4 jam, trus turun di Pabrik Gula Glodok-Magetan, trus cari transport yang khusus buat akhwat atau tanya orang-orang sana. kalo ikhwan sih, gampang, tinggal panggil ojek, bilang temboro, bayar 7.000 rupiah.

  84. Amrizal mengatakan:

    Satu Kampung ..

    Yang sangat di senangi oleh Para Malaikat ..

    Mayoritas Wanita-Wanita nya Bercadar ..

    Ee ee eeeh .. Kita berdo’a kpd ALLAH SWT ..
    Semoga DPRD Mau Kunker ke Temboro / Trangkil ..

    … … ^_^

  85. Syregar mengatakan:

    Hidup dalam Dakwah, mati dalam Dakwah. Insya Allah….

  86. CECEP HIDAYAT mengatakan:

    hati yg kusam bahkan cenderung gelap mungkin akan menjadi asbab turunnya Hidayah kpd seseorang, ingat kita seiman dan masih memungkinkan untuk menjadi IKHWAN, sikap bertabayyun positif insya Alloh menuntun kita kepada Hidayah.

  87. tery rusdianto mengatakan:

    maasyaaallah….seandainya boleh ana bertanya,..ana ingin memondokkan anak saya yg sekarang sudah terlanjur di sma , setelah lulus sma apakah masih boleh mondok di temboro,apakah tidak dites sbgmna di gontor ponorogo ? mohon yg dibalas bagi yg mengetahui imformasi ini wassalamualaikum..wwb.

    • Hamza Santri Mbah Dali mengatakan:

      saya saja tidak di tes waktu mendaftar di ponpes Alfata temboro..

      cara mendaftarnya sangat mudah tak pandang usia cukup isi formulir pendaftaran..

      Ada istilah santri baru
      Semua santri baru di kumpulkan dalam satu kelas di didik bersabar di nasihati..dll untuk kemslahatan sebelum benar2 belajar…itu saja.

      semua peraturan Agama adalah peraturan Pondok.

  88. wafi mengatakan:

    aku pengen ke temboro lagi…………

  89. muhsinin mengatakan:

    Assalamualaikum…saya pernah iktikaf 2 hari di temboro sy merasakan suasana yg luar biasa.sy pengen lg ke temboro.sm kmpng2 di indonesia sprt kampung di temboro.Amiin

  90. khadijah mengatakan:

    saudara2-ku semua jangan buang2 wkt dengan mr.darmono,jika membaca “tulisan” spt.nya darmono bukan dari kalangan kita.( NON Muslim)
    sejahat-jahat, dan sedosa-dosanya umat Islam tentunya menyukai/senang melihat perbaikan dari umat Islam yg.lain
    Ok….lebih baik kita doakan aja semoga mr.darmono mendapat “hidayah” dan menjadi salah satu Umar bin Khattab dalam dakwah….amien, hanya Allah SWT yang dpt.membolak-balikkan hati manusia sekeras apapun dia.
    SENJATA UMAT MUSLIM HANYALAH DOA.

  91. rya mengatakan:

    alhmdllh,, bsk hr raya qurban sy mw k temboro.

  92. abu hafshah mengatakan:

    Assalamualaykumwr..

    to sister aisyah humairah from malaysia..

    Depending on which city of Malaysia you reside in, you could fly away to temboro by Air Asia from KL to Solo, which is approx 2 hours from temboro by regular taxi.

    Just mention ‘2 temboro’ to the local taxi, and that’s it !

    hope this help well …

    marmoeth@gmail.com

  93. Hamza Assulawesi mengatakan:

    Temboro kampung yg sangat aku cintai
    org di sana mengajarkan aku bgaimana seharusnya
    sebagai seorg muslim..hehehehe

    temboro aku rindu kamu dan teman2 ku di sana…

  94. Santri Mbah Dali mengatakan:

    Seorang da’i Tidak akn perna jadi Alim jika tidak belajar
    Dan seorang Alim tidak akn perna jadi Da’i jika tidak Berda’wa

    heheheh salam yaa buat santri yg boyong

  95. NOEROEL mengatakan:

    Aq setuju banget emang TEMBORO ga da duanya selepas dari Al Fatah aq mondar mandir kuliah di yogya ampe tuntas ke sukabumi ke jakarta ke kediri e..e..akhirnya balik lagi ke Al Fatah my love my life

  96. jamaluddin mengatakan:

    Saya sangat kagum atas pelaksanaan syariat islam di Temboro, Syukur-syukur ayat Wa man lam yahkum bima anzalallohu fa ulaika humul kafirun, dst (al maidah ayat 44, 45 dan 47) bisa sebagai pemicu untuk menjadi baldatun thoyyibatun wa robbun ghofur. Amin

  97. indra mengatakan:

    aku pingin bgt download ceramah pak ustadz gusron,tp slalu gagal.
    bsa ksih tau caranya ga mas?

  98. Muhammad Shufi mengatakan:

    Assalamualaikum ya akhi wa ukti… Qu jg alumni TEMBORO,.qu rindu dgn suasan temboro,rindu mencium tangan kyai uzairon,kyai gusbet dan kyai fatah,..tdak ada suasa kampung madinah di indonesia yg mnyrupai kampung TEMBORO,,khidupan msyrakat dsna hmpir prsis dgn khdupan di madinah..SUBHANALLAH….Aq rindu ke temboro..doakan moga aq bsa slaturahmi ksna,.amien..
    KHURUJ FII SABILILLAH….YAKHRUJU MINADDUNIA MA’AL IMAN……,AMINNN…..!!
    Nb: add FB qu ya(icu@muslim.com),biar bsa saling slaturahmi dan sling mengingatkn sesama muslim..:-)

  99. Harun Bin Hasan mengatakan:

    Assalamualikum, ada yg bisa bantu nggak, klau bisa saya, istri dan 1 anak mahu pindaj dan menetap di Temboro, tolng infonya, jazakillah khair ?

    • Moh Hasan Abdillah mengatakan:

      Wa’alaikumussalam, untuk Harun bin Hasan. Di Temboro banyak rumah kontrakan untuk membantu orang-orang yang berniat belajar mengamalkan agama Islam, saya banyak jumpa orang-orang dari Sumatera, Kalimantan bahkan orang sekitar Magetan yang mengontrak rumah di Temboro untuk belajar mengamalkan Islam dan melihat kehidupan yang Islami, oh ya maaf kalau mau ana bantu boleh hub no ini 6281259321093.

  100. Ibnu Malik mengatakan:

    Subhanallah diakhir jaman ini ketika banyak media massa menayangkan kemaksiatan,kekerasan kini datang berita yang menyejukkan, mungkin ini juga yang meredam murka Allah Swt.Semoga nur Temboro menyinari kampung kami dan kampung-kampung di seluruh dunia, sehingga kebatilan lenyap, seperti hilangnya malam karena datangnya siang.

  101. aLief Karkun mengatakan:

    Insya Allah tamat SMP gue akan ke Temboro…

  102. Abdul Ghofur mengatakan:

    Assalamu ‘alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
    Izin share ya mas.

  103. pradhika akbar tiara mengatakan:

    alhamdllah saya pernah berkunjung k desa temboro…….
    ya kesan” saya ketika masuk pertama k desa temboro seperti yang telah di tulis d atas…..

    kejayaan kebahagiaan kemuliaan terletak pada agama yang sempurna sebagai mana agama yang telah d bawa dan d contohkan oleh rosulullah saw.

  104. ukhti... mengatakan:

    assalamualaikum…
    terkesan sekali dengan artikel di atas,,saya sudah lulus SMA namun kalo saya mondok udah telat belum usia saya sudah 18 tahun,,??dan yang jadi masalah saya sudah tdk ada ayah??bagaimana solusinya ya??makasih…

    • muhammad alamsyah mengatakan:

      insya semua niat baik ada jalan keluarnya. datang saja kesana bersama muhrimnya. trus tanyakan saja persyaratannya. semoga Allah memberi ukhti petunjuk..

  105. aditya mengatakan:

    Temboro adalah tanah kelahiran kakek-nenek saya, Saya sering kesana, untuk “pulang kampung”..hehe.. suasana disana memang betul2 bagus, nyaman berada disana, rumah Saudara yang sering saya kunjungi pun gak jauh dari pesantren tsb. Saya suka artikel yang anda tulis diatas..

  106. Hans mengatakan:

    Alhamdulillah, saya baru minggu lalu merasakan indahnya iktikaf di Masjid pusatnya para da’i di jatim ini, inilah suasana yang diidamkan umat muslim sejati. bersahabat karena Allah, saling mengingatkan karena Allah. disana anda akan menemukan apa arti ikromul muslimin (memuliakan saudara sesama muslim). semua menakjubkan, bagi para muslimin yang hobi berziarah ke makam para wali sy sarankan sekali2 berziarah ke pondok ini.

  107. hamba Allah di malaysia mengatakan:

    assalamualaikum…..saya seorang pengajar dan peniaga di malaysia yang berasal dari Bandung Indonesia. sejak kecil saya mendambakan hafal qur’an dan bisa baca kitab kuning, namun hingga saat ini belum terlaksana. tiba saatnya kini saya ingin mencari jodoh / istri yang hafal qur’an dan pandai baca kitab kuning agar kelak saya dapat belajar darinya dan dapat mendidik anak anak kami dengan nya…

    jika ada ukhti / akhwat yang bersedia boleh menghubungi email saya di adi.widadi@gmail.com terimakasih

  108. sukur mengatakan:

    nyesel dulu mondok ga sungguh sungguh ga tertib padahal masya allah romo kyai sangat sayang pd santri santrinya’mantan tajribie

  109. penginapan di jakarta mengatakan:

    Begitu memasuki gapura desa, terpampang jelas tulisan “Kawasan berbusana muslim”.

  110. sumitro nento mengatakan:

    Ass,,,semoga rahmat Allah SWT senatiasa menaungi kita smua,,saya mempunyai anak dan adik mondok di Al-Fatah,kalo adik alhamdullilah sdh selesai program hafitznya,dan kemarin sdh keluar 1 tahun,sekarang msh ditemboro hikmat setahun,anak saya baru thun lalu mondok dipondok utara,smoga Allah menjaga segala aktifitas para ustaz dn santri2 untuk tetap istiqomah menjaga agama ini dari orang2 kafir,,,,,,amin

  111. Didik Al Pacitani mengatakan:

    Alloh SWT. senantiasa merubah keadaan zaman ini, menjadi zaman seperti zaman para sahabat R.Hum. Suatu saat nanti kita bangun tidut akan terdengar berita 1 negara masuk Islam… Sebagiaman Nabi SAW bersabda: Zaman ini dabagi menjadi 5. I. Zaman Nubuah, II. Zaman Khilafah, III. Zaman Raja, IV. Zaman Jababiroh (Demokrasi), V. Zaman Khilafah minhajun Nubuah. Sekarang kalo kita dengar berita di eropa, Inggris contohnya,, 50 pondok pesantren telah berdiri dan dibangun masjid yang lebih besar dari Stadion Wembelden yang mampu menampung 70.000 jamaah… Zaman ini bukan kita yang membuat,, Tapi Alloh SWT telah berjanji dalam ayat Al Quran. Mulai sekarang marilah kita bergabung dengan dakwah yang ada di temboro. Temboro tidak ada jaminan dalam keselamatan, tapi keselamatan dalam janji Agama… dan agama telah wujud di desa Temboro,,,, Datanglah ke Temboro dan jika ada tawaran Agama maka Sambutlah untuk keluar 4 BULAN.

  112. Rajab pekanbaru mengatakan:

    saudaraku,,,
    ana tinggal di riau, tolong nerikan informasi bagi calon santri dan biayanya. insya Allah ana mau masukin anak yatim tamat SMP. tolong infonya.
    jazakalloh

  113. umisalwa mengatakan:

    assalamualaikum….
    bagaimana ya, cara merubah perilaku para daurah2 dan ustadzah di pondok putri, supaya ga usah pake cara keras terhadap santri2 putri (walaupun tidak semuanya, tapi lebih banyak yang bersikap keras),,,, terutama untuk santri baru… apa saya harus sampai menulis surat ke bu Roh-kah (karena beliau sebagai penanggung jawab pondok putri)? setiap saya mengunjungi anak saya di pondok putri, dan saya tanya kondisinya, dia sering berbisik dengan sediiiih sekali cerita ttg kondisi belajar-belajar yang kurang bersahabat. kenapa mesti seperti itu? sungguh sayang sekali.
    apakah dikarenakan para ustadzah yang sekarang ini mengajar ini masih merupakan guru2 baru ?
    secara pribadi saya sangat terpesona dengan keistiqomahan komunitas di temboro dan misi usaha dakwah ini, namun ada sedikit ganjalan dengan sikap sebagian daurah dan ustadzah putri ini.
    bukankah Rasulullah selalu mengajari sahabat dan melakukan dakwah dengan cara yang lembut?
    mohon perhatian atas hal ini.
    untuk semua keluarga dan kalangan yang terikat dengan temboro, saya mohon maaf berbicara terus terang seperti ini, sama sekali tidak bermaksud memburuk-burukkan.
    harapan saya, bila sandungan kecil ini bisa dihilangkan, betapa akan sangat menyenangkan lagi pondok putri temboro.
    semoga kami dan kita semua selalu mendapat cucuran rahmat dan hidayah Allah swt…. amin.

  114. agung sunarto mengatakan:

    ass wr wb

    semoga ALLAH SWT menjadikan kita golongan orang yang sabar …. teringat nasehat romo kyai ” kalau ada santri yang di kerasin untuk kebaikan tandanya santri itu akan berhasil ” maaf bila salah comment ….

  115. Aisyah mengatakan:

    assalamu’alaikum….slam Ukhuwah
    yg Psti sya brsyukur diTuntun jln smpai temboro,krna dsna sya Barulah masuk agama yg sbnarnya.alhmdulillah Muallaf thn 2006,smoga Allah slalu kekaLkan Hidayah kpda Qt sMu,amin……….

  116. sudah 2 taun q izin pulang dr Temboro, sampe detik inipun q selalu cerita ttg Temboro krn apa? terlalu dalem kesan baik yg masuk ke dalam hati dan fikiranq, bahkan liat suasana kebaikan yg wujud disana mampu merubah kebiasaan2 buruk menjadi lebih baik dr sebelumx, spt belajar bangun malam untuk qiyamul lail, shalat Tahajud sampe bisa menangis,berdzikir dengan denyutan jantung,lidah,hati,fikiran sperti menyatu. Subhanallah, pokokx menyenangkan dan timbul ghirrah untuk amal agama lbh byk lg. coba deh silaturrahmi kesana jg jng lp sowan ke pak Kyai KH Uzairon minta nasehat2x, insya Allah y?

  117. SNTRI UTARA........FORMAL mengatakan:

    pondok da`wah…………..
    pondok al fatah…. w mndok di al fatah dah lm jd w tau btul al fatah adadlah pondok pling terjaga amal`a,iman`a,dan sukses klo momndok di al fatah dunia akherat………….
    I LOVE YOU AL FATAH………..
    ARIGATO GOZAIMASU……..

    WATASHIWA GEKUSAI DE SU…….!
    semoga kyai gus uzairon t.a ,kyai umar fathahillah, dan kyai ubaidillah a. diam puni dosa2`a……….

    AMIENNNNNNN……..!!!!!!!!!

  118. rahman mengatakan:

    al fatah memang tanah surga seperti tanah suci mekah dan madinah

  119. aulia rahman santri formal mengatakan:

    aku nggak akan ngelupain jasa2 pndk al fatah yang sudah banyak mengajariku banyak hal terutama ilmu agama TERIMAKASIH AL FATAH

  120. fauzi mengatakan:

    ya,., kita ambil yg baek.,., kita tinggalkan yg buruk,.,.,. mas.,.,

  121. fauzi mengatakan:

    ya,., kita ambil yg baek.,., kita tinggalkan yg buruk,.,.,. mas.,., klw kita mnjelek2kan temboro,.,. belum tentu kita lbih baek dri mreka.,.,.,.,.kang,.

  122. faizah hj said mengatakan:

    saya dari malaysia hendak bertanya kalau siapa boleh bagi tahu macam mana hendak memdaftarkan dua orang anak saya ke al fatah syarat dan yuran pendaftaran sya memohon jasa baik siapa boleh bagi info kepada saya terima kasih

    • niha mengatakan:

      cik faizah lebih detailnye ni add:
      PONDOK PESANTREN AL FATAH TEMBORO KARAS MAGETAN 63395 JATIM INDONESIA
      TELP:0351869605

    • azimah mohamad din mengatakan:

      anak saya sedang belajar di al fatah. 2 th lebih disana. insyaallah minggu hadapan kami sekeluarga akan ke Temboro. utk mendedahkan anak2 yg lain melihat suasana kehidupan disana. Smoga ALLAH permudahkan perjalanan n mendapat redhanya. amin

  123. Abdurrahman mengatakan:

    Ya Allah… kembalikan aku dan keluargaku ke Kampung Madinah…Temboro Karas Magetan…

  124. wahid mengatakan:

    dalam hati saya sering bertanya ” kenapa sekarang muncul kesan keangkuhan dalam jubah dan jenggot panjang” . padahal dulu tidak demikian.

  125. wahid mengatakan:

    saya sering bertanya – kenapa sekarang muncul kesan keangkuhan dalam jubah dan jenggot panjang – padahal dulu tidak demikian.

  126. Rain Dra mengatakan:

    ALLAHUAKBAR… ! SAYA NIAT DAFTARKAN ANAK SAYA.. AMIN… YA ALLAH

  127. Saula mengatakan:

    Insya allah doakan saya agar bisa kesana lagi,karna sampai detik ini tidak ada keinginan sya yg lain selain berkunjung ke Al fatah

  128. muhamad al-khoir rofi' mengatakan:

    alhamdulillah,adanya pondok mboro ini bisa untuk muhasabah diri,,,,,saya pernah sekali kesana dan suasananya pun seperti di madinah,,,di masjid banyak yg ngaji sampai di bawah pohonpun juga ada yang mengaji subhanallah,,,,,,

  129. titah mengatakan:

    assalamualykum wr wb
    wah kangen sama temborow, saya juli 2010 sempat nyantri 2 mingguan disana. menyenangkan. yah melihat kehidupan yg berbeda. berjubah semua. yg putri serba hitam (woman in black) keren… pengen nyantri juga, tp sayang gak dpt izin dr kel..but, anyway, lot of knowledge there. gak sia2 liburan kuliah diapkai buat nyantri bentar di temborow. klu masalah2 kecil pst adalah, tp menurut saya, itu biasa. namanya manusia byk ragam dan lagi masih ada yg mgkn baru belajar, jd klu ada salah2 juga kan wajar. yg diceritakan salah satu ibu ttg putrinya, saya sempat merasakan dan melihatnya. tp menurut saya, siapapun itu, itu bagian dr proses belajar dan lagi tidak bisa jg semua org lngs jd baik. perlu proses dan masalah panutan, yah, klu kita melihat ustadzahnya kurang bagus misalnya, namanya manusia, mgkn saat itu, kondisinya lg lemah…
    duh kangen temborow, saya berniat dtg lagi november ini..mau ketemu tmn2 disana…oh ya, mgkn lain waktu saya mendengar yg kurang baik ttg temborow sama hal nya sepeti saya mendengar yg krng baik ttg umat muslim yg lain (di luar jt), tp klu bisa, jgn sampai terjadi perpecahan. yah mgkn bbrp pesantren terlihat kurang bagus skrg, hny saja jgn sampai kita menjelekan pesantren yg lain jg.

  130. nasik QOOLA; mengatakan:

    kalau datang ke temboro jangan karena niat untuk sekedar berkunjung tapi jadikan niat utamanya untuk ikut tasykil…
    INSYA ALLOH….!!!!!!!

  131. saiful mbelinx mengatakan:

    buat akhi ukhtiklo berkunjung ke temboro silahkan singgah di rumah saya,,,

  132. Johri Arbi mengatakan:

    SAYA ADA KIEINGINAN AMBIL SULUK DI TEMBORO TOLONG INFONYA SAYA DARI KETAPANG KALBAR

  133. Endang Sri Maryati mengatakan:

    Ass.wrwb…

    Saya Endang Sri Maryati, penduduk asli Temboro, Magetan, keturunan dari K.H Abdul Khodir..Jika memang pemimpin pondok pesantren Alfatah Temboro memang meniru perilaku Nabi Muhammad SAW, seharusnya kasus anak saya yang menjadi korban pembakaran dan penghancuran rumah saya yg dilakukan oleh sekelompok santri dari Alfatah segera dituntaskan dengan baik.

    Saya sebagai penduduk asli TEmboro merasa kecewa karena pimpinan ponpes tidak memenuhi janjinya untuk mengganti segala kerugian baik secara materil maupun non materil yang telah saya derita sebagai seorang janda yang telah kehilangan buah hatinya…

    Anak saya almarhum adalah termasuk salah satu ustadz bahasa Arab di ponpes tsb, tetapi menerima perlakuan yang tidak manusiawi, yaitu disiram bensin dan dibakar hidup-hidup oleh sekelompok santri dari pondok pesantren Al Fatah tersebut.

    Saya, Endang Sri Maryati meminta perhatian serta pertanggungjawaban dari pimpinan PonPes Al Fatah Temboro…dengarkanlah jeritan hati saya, jeritan hati seorang ibu yang teraniaya dan meminta keadilan …
    Atas pihak-pihak yang memberi perhatian dan dukungan,saya ucapkan trimakasih…wassalam

    • ali mengatakan:

      bu endang itu kejadian tahun brapa yaaa…

      • ghoffar guntur wibowo mengatakan:

        saya prihatin dengan kejadian itu…..jujur yang melakukan itu angkatan saya dan sebenarnya kami para laumni prihatin dengan keadaan pondok temboro yang tidak seperti 5-10 tahun lalu mungkin…..saya kenal baik dengan anak ibu saya turut berbela sungkawa dan akan saya sampaikan keprihatinan ini bu…..sabar ya….semoga beliau mas zarkasyi diterima disisinya….ini adalah satu noktah merah dalam perjalanan pondok temboro….kyai pasti memikirkan tentang kejadian itu bu

  134. tulus amarillah mengatakan:

    SALAM UUNTUK SAHABATKU MAS DARMONO
    Bismillahirrohmanirrohim,
    Aassalammu’alaikum wr wb.
    Segala puji bagi Allah swt yang senantiasa memberikan rahmat kepada Kita yg tidak pernah terbatas dengan ruang dan waktu, semoga sholawat serta salam Allah senantiasa kucurkan pada Rosulullah saw, keluarganya, para shohabatnya dan seluruh pengikutnya sampai akhir zaman termasuk Kita didalamnya amin…

    Semua manusia didunia ini buta (masalah akherat), yang melek atau melihat (masalah Akherat) hanya Rosulullah saw. Dengan kata lain bahwa semua manusia buta dengan rute perjalanan Akherat, hanya Rosulullah saw yang tahu rute-rute Ahkerat, semua orang buta tentang syurga dan neraka, dan hanya Rosulullah saw yang telah menyaksikan indahnya syurga dan dahsyatnya neraka.

    Maka betapa lucunya bila sesama orang buta saling menuntun untuk sampai ketempat tujuan tanpa mau dibimbing dan diberi tahu oleh orang yang melihat, lebih celaka lagi orang yang buta yang sok yakin bahwa ia tidak akan terperosok kedalam jurang tanpa bantuan orang yang melek.

    Rosulullah saw sebagai seorang yang telah melihat Akherat (syurga dan neraka) memberi tahu dan memberikan tuntunan hidup kepada manusia bahwa jalan satu2nya untuk bisa mendapatkan dan merasakan kebahagiaan baik didunia maupun di Akherat itu hanyalah dalam mengamalkan perintah AGAMA, artinya bahwa sejauh mana manusia mengamalkan perintah agama maka sejauh itulah kebahagiaan akan didapat dan dirasakan baik didunia maupun di akherat, begitupun sebaliknya sejauh mana manusia melanggar agama maka sejauh itu pula kesusahan dan penderitaan yg akan dirasakan baik didunia yang sementara maupun diakerat yang abadi se-lama2nya.

    Mudah2an Kita semua termasuk orang yang diistiqomahkan oleh Allah swt bias mengamalkan agama amin…, terima kasih

    Wassalammu’alaikum wr wb.

    Tulus Amarillah Cirebon

  135. Sigit S mengatakan:

    Saya punya saudara, yang sering menceriterakan tentang Temboro. Menarik, saya semakin tertarik.. Kalau dari Jogja, rute yang paling mudah ditempuh lewat mana? kalau naik bus? dan jika naik kendaraan pribadi lewat mana? mohon petunjuk..

  136. Abu Faqih mengatakan:

    Amma Ali,

    Saya dari Malaysia, bagaimana bisa saya hubungi pesantren al-fatah temboro? Ada no taliponya.

    Kalau mahu mengambil amalan Zikir dari Murshidnya, bagaimana syaratnya ya? Kalau ada maklumatnya sangat berbesar hati.

  137. syahrul mengatakan:

    assalamualaikum?? saya berharap kepingin sekali mondok di al fattah temboro tapi dngan orang tua saya yang tidak mengijinkan apakan saya turutin saja ke inginan saya apa ke inginan orang tua saya??

  138. satro mengatakan:

    mau tanya kira-kira kalo ada agama lain yang membantu membangun masjid itu boleh gak ?
    Boleh . . . alasannya apa ?
    Gak boleh . . . .alasannya apa ?
    terima kasih

  139. lpiaarif mengatakan:

    kangen pondok ku temboro

  140. oskenir mengatakan:

    assalamu’alaikum, Saya sangat tertarik dengan cerita2 tentang pesantren temboro, saya mau belajar mengamalkan perintah AGAMA Islam, saya berharap sekali bisa mondok di al fattah temboro, cara daftarnya bagaimana….?syukron

  141. Iqbal Engraver mengatakan:

    kalo cuman jalan2 aja ke temboro bisa nggak ya…..

  142. saya kelas 3 Mts di sebuah ponpes kecil di Cileunyi. yang InsyaAllah, saya kepingin bgt masuk ponpes Temboro untuk melanjutkan sekolah. setelah adik kelas saya cerita banyak ttg Temboro, saya pngin bgt. tapi, kalau orang tua saya ada rezeki. do’ain y.. mudah mudahan bisa. Amiin.

  143. santri temboro mengatakan:

    “man jadda wajada” brngsiapa yg brsnggh2 pasti akn brhsl……..
    law ukhti mmng pnya niat yg baik pasti allah akn mmbntu x

  144. roy mengatakan:

    selamat malam
    mohon maaf apa bila pertanyaan saya ini membuat marah anda semua saya mau tanyakan bagai mana islam menerangkan tentang biogrpi MUHAMAD
    dan apa keuntungn jika mengikuti MUHAMAD
    terimakasih sebelum nya atas keterangan tentang jawaban saya
    hormat kami
    roy youhanes

    • aly ghufron mengatakan:

      Biografi Nabi Muhammada sudah sangat banyak di tulis oleh para ulama dalam sirah nabawiyah trus tentang keuntungannya jelas kalo iman pada Alloh dan Nabi Muhammad SAW jelas pahalanya adalah syurga itu sudah jelas

  145. hayatin nufus mengatakan:

    saya ingin sekaliberkunjung ke kampung madinah…setelah mendengar cerita dari saudara 1 iman…
    oh y mau tanya,gmn cra daftar pesantren nya??dan berpa biaya nya…

  146. XYZ mengatakan:

    @roy: biografi muhammad sudah banyak ditulis oleh para ahlinsejarah, seperti dalam bukunya “sirah nabawiah” ibnu hisyam, ibnu ishak, dan penulis-penulis islam klasik lainnya, seperti tabaqat ibnu saad.
    kalo keuntungan mengikuti muhhamad…saya sendiri belum tau…kayaknny…apa ya, mungkin pembaca lain bisa menjelaskan.

  147. jakatingkirempire mengatakan:

    Bwt bang Roy,
    dulu, para sahabat Rasul saw yg baru masuk islam, blm tau apa2 ttg agama ni tp langsung minta ikut da’wah sm Beliau saw, krn terkesan dg akhlak Beliau saw. Agama ini bs dirasa dn melekat kuat dlm hati bila diamalkan lgsg.
    Maka saran kami, cobalah ikut program Khuruj fii sabiilillaah selama 1 atau 3 hari, maka abang Roy bs merasakan betapa damainya agama ini… inshallaah

  148. sona mengatakan:

    Assalamu’alaikum…
    mhon ma’af mau bertanya
    kalau akidahnya pake yang mana? sifat 20 kah?

  149. suryani mengatakan:

    jadi penasaran, kayak apa sih temboro?

    • suryani mengatakan:

      saya alumni ponpes al muhajirin cabang temboro sulteng yang diasuh oleh ust. mursyid, ust. munawar, dkk. dulu saya sering dengar kisah tentang temboro dari beliau, dan sampai saat ini masih penasaran… insyaallah suatu saat bisa kesana.

  150. IslamPosting mengatakan:

    Semoga Allah Berkahi Usaha dakwah Ponpes dan org2 kampung skitar pondok insya Allah, Allah jdkan sebagaimana madinah munawaroh di zaman Nabi SAW dan para Sahabat.amin. [izin copas ya admin]

  151. [...] http://migontor.wordpress.com/2009/04/20/temboro-%E2%80%9Ckampung%E2%80%9D-madinah/#comment-1020 0.000000 0.000000 Share this:ShareTwitterFacebookEmailLinkedInLike this:SukaBe the first to like this post. [...]

  152. OLikk palembang mengatakan:

    insyaallak k sana ,, :D

  153. muhammad mengatakan:

    kampung masa kecilku dulu.. :d
    walau udah ga disitu lagi, tapi alhamdulillah sy dapat ilmu yang bisa sy pegang teguh sampe sekarang dan sy dapat membawa kehidupan keluarga sy seperti kehidupan sy dulu di temboro..

    buat teman teman yg belum pernah datang kesana, silahkan coba karna disanalah suasana sebenarnya umat muslim terasa..

  154. Munir mengatakan:

    Kampung kelahiran udah lama gak jalan2 kesana 9 tahun.. hmmm..

  155. dadan darusalam mengatakan:

    asslaamu alaikum warohmatullohi babarokatuh ,khusus utk azmi id, fadhillah id dn fauzi id mdh-mdhn Alloh SWT lmpahkan ksabaran, ktawakaln dn ktaqwaan amin.

  156. Pupung Z Muttaqin mengatakan:

    mono ..darmono…nulis ga dipikir dulu….

  157. Ayubi mengatakan:

    beruntung yang dipilih dalam kerja dakwah…. beruntung lagi yang di istiqomahkan dalam kerja dakwah…. lebih beruntung yang di matikan/syahid dalam kerja dakwah

    INSYA ALLAH 4 Bulan

  158. saya berniat untuk mondok di Al-Fatah Temboro sambil mengikuti pendidikan formal di Aliyah.
    kapankah saya bisa mendaftarkan diri ?
    tolong info tentang pendaftaran pondok dan Aliyah ?

  159. khoirun nisa' mengatakan:

    mw ni ikut belajar disana

  160. harjono batang tengah jawa mengatakan:

    well .. masihkah ada mimpi bagi qt smua pembaca ?… GUGAT NEGARA ?atawa BUAT NEGARA BARU ? kampung TEMBORO ingak ingak & bukan negara temboro.mudah mana angkat kopi eh topi pa angkat senjata? capek dek eh deh… yg masih bermimpi selamat tidur semoga nyenyak

  161. harjono batang tengah jawa mengatakan:

    bukan soal temboro namun soal & PERSOALANYA SKARANG ADALAH raut wajah qt yg terbaca jelas lewt smua tulisan karna dorongan nafsu atawa emosionil belaka. apakah anda smua menjadi nyaman lalu bahagia stelah tuangkan smua pikiran anda kedalam tulisan ini. jangan bicara temboro kalo menjadikan anda tidak nyaman. mari qt periksa jiwa kita masing2

  162. khoirun nisa' mengatakan:

    aslm subhanAllah tempat nya nyaman kedengarannya, jdi mw mondok kesana….

  163. Jali mengatakan:

    Assalamualaikum..
    pulang kampoeng ke Temboro.. insyaalloh 4 bulan cash..

    wassalamualaikum…

  164. Vaa Tony Dahl mengatakan:

    like halaman facebook temboro

  165. taupikurrahman mengatakan:

    ditemboro kan ada sekolah pormalnya, sekolah apa saja yg ada ..?

  166. dobing mengatakan:

    assalamu’alaikum adik saya mau daftar ke sana tapi gak tau persyaratanya
    apa saja persyatan nya ?

  167. faizah mengatakan:

    tak sabar rasanya ku segera ke sana, menimba ilmu sebanyak-banyaknya…

  168. dzikri mengatakan:

    namanya sama persin dengan di dusun Muhajirun pondok pesantren al fatah, yang ada dilampung

  169. ZULFAN EFENDI mengatakan:

    Assalamu ALAIKUM… TEMBORO KAU KAN SLALU KUKENANG N SLALU KU DOAKAN DALAM HATIKU SEMOGA KAMU ASBAB HIDAYAH KESELURUH ALAM..SEBAGAIMANA AKU TELAH MENDAPATKAN HIDAYAH KARNAMU..AKU KENAL AGAMA KARNAMU..TERIMA KASIH TUK SEMUA KIYAIKU N USTAZD KU.

  170. abu faqih mengatakan:

    alhamdulillah baru saja selsai gerak jemaah gerak dari temboro{gerak 4bulan.1bulan dimekah,madinah dan jeddah}dan minggu ini akan melanjutkan perjalanan ke Yordan sisa masa 3bulan.Selama gerak tentunya dengan menggunakan tertib “MAKKI” yang sedikit beda dengan tertib di Indonesia.kedatangan mereka menambah semangat kami yang kadang-kadang kembang kempis padahal kami berdekatan dengan masjidil haram yang penuh berkah.Bagi yang niat silakan datang ke makkah di halaqoh kami.Markas kebun jeruk makkah.dengan 40h.4bln.rijal atau masturah.Dan bagi yang datang umroh sempatkanlah diri untuk keluar dijalan Alloh walaupun 1h.(keluar 3 hari ditanah haram sama artinya keluar 3h 100.000x diluar tanah harom,”nasehat syeh Farouk penanggung jawab mekkah).Dan sebentar lagi di musim haji seluruh Halaqoh yang ada dimekah maupun madinah akan buat perogram juddud haji kepada para karkun yang datang berhaji.dan tempat ‘itilatnya adalah didepan tugu jam arah pintu Malik Abdul Aziz pintu no1.dan kemudian diarahkan kemarkaz untuk muzakarah dengan syeh farouk.alhamdulillah ini sudah jalan beberapa tahun.dan tahu kemaren +500 jemaah yang ikut muzakarah.karkun yang berhaji atau umroh tahun ini perlu dicatat nohp ini.0596159278,ustad zul ihsan.0542535296,Gus Hamid.0532196281.Salim medan.

  171. M.Rahman mengatakan:

    Mudah-mudahan kampung saya bisa jadi kayak kampung temboro.. Mohon Doa-nya yaaaaaaa !!!!!!!!

    • anak gudang al barokah mengatakan:

      amin mudah2an tapi harus ada usaha ke arah itu dengan hidupkan amal maqomi di kampung kamu dan kirim jamaah ke seluruh alam

  172. Topan Andrian mengatakan:

    saya niat setelah lulus akan mondok di temboro

  173. sabur mengatakan:

    Sholat Jum’at di Trangkil bagaikan hari raya , kalau tidak percaya hadirilah sholat Jum’at

  174. justicablog mengatakan:

    alhamdulillah.puji bagi alloh.sholawat atas rosulnya.tanpa mengurangi hormat sy kpada para komentator.ada baiknya anda klik ‘islam ala J.TABLIG’……..seperti itukah islam yg diajarkan nabi..jangan2 itu islam ala temboro ala syeh M.ilyas.banyak2 belajar mas mbak semoga anda diberi hidayah ALLOH.Jangan lhat luarnya aja.jangan belajar dri 1perpektif.tar kayak katak dalam tempurung.ini demi islam’.m.maaf semua semakin kta belajar islam mendalaminya semakin tampak kebenaranya dan tampak pla pemahaman orang/ormas/kelompok/jamaah yang menyelisihinya.tetep pegang quran hadits mohon maaf sebanyak2nya.gak da motivasi merasa pinter tpi harus da yg selalu mengingatkan tntang kebenaran.ada jg sisi psitfya JTablig.

    • aquabdullah mengatakan:

      ******** censored

    • Jhonny Dholet Misco mengatakan:

      YANG NAMANYA PESANTREN BERDIRI ITU BUKAN MENDIRIKAN BANGUNAN, BEGITU SAJA. TENTU DI PONDOK BANYAK ORANG ‘ALIMNYA. ISLAM YA TETAP SATU. KEBETULAN SAJA DI PONDOK TEMBORO SUASANANYA LAIN. JADI DIKOMENTARI SESEORANG DGN POSITIF. KITA YANG BACA ARTIKEL BAGUS JANGAN KOMENTAR NEGATIF NGAK NYAMBUNG. NANTI ORANG MAU TAHU TENTANG PESANTREN JADI SALAH PAHAM. DOSA KAN NGOMENTARI SESUATU YANG KITA SENDIRI BELUM BANYAK TAHU, TAPI SOK TAHU.

  175. anik maslikha mengatakan:

    Subhanallohh,,,
    Alhamdllah diindonesia msh ada yg lbh mndalami Islam,,,,smg aq bs kesana,,,

  176. agung mengatakan:

    temboro is the best for me…..
    subhanallah klo lihat para santri (jama’ah tabligh) yg dari pondok ini hati saya makin tenang karna ke sopanan, ke cerdasan juga
    semangat mereka untuk menghafal al-qur’an…..

  177. muhammad Ansar mengatakan:

    haha…haha…haha . . . .

  178. al-kelangi mengatakan:

    anak saya orang malaysia ketemboro pada bulan 12 di bawa oleh seorang ustaz malaysia, sehingga ke saat ini tidak dapat dihubungi. Mungkin saya akan bawa pulang ke malaysia kerana terlalu risau

  179. Halyssa mengatakan:

    Assalamu’alaikum.. adakah nomor telp pengurus untuk santri putri yg bisa di hubungi ? Terimaksih..

  180. aquabdullah mengatakan:

    mana ada islam ala jama’ah tabligh apalagi islam ala Syekh M.Ilyas… apa yang di amalkan oleh JT tentu saja berpedoman kepada Al-Qur;an dan Hadist… itulah Sumber Hukum kita umat Islam…. bener mbak “justicablog” mari kita sama-sama belajar….. juga buat mbak sendiri lho…. coba deh lebih meluangkan waktunya untuk menggali lagi informasi mengenai jama’ah tabligh dari sumber yang benar….. makasih mbak….

    wassalam….

  181. supriyadi mengatakan:

    Alhamdulillah,……………..
    mudah mudahan semua di terima Allah swt.
    amin

  182. uyung mengatakan:

    There is a Shafi’e madrasah at village Temboro of district Magetan in province East of Java Indonesia. The madrasah name is Al Fatah and is strongly connected to work of da’wah and tabligh. Some of the teachers are graduated from Raiwind madrasah and Yamen. The akabir of Nizamuddin markaz highly praise the madrasah. In 2011 the madrasah sent
    – 1399 one days jamaats. They made khuruj on thursday which it is holiday for the students and made effort on local people to come to ijtima in madrasah on thursday night
    – 165 Forty days jamaats during long holidays in Shaban and Ramadhan.
    – 83 students khuruj for one years jamaats. After graduating, some graduated students went for one year khuruj , some students continue for takhassus (specialization), some stay at madrasah to make khidmat as asatid and the others went back to their own localities for maqomi works. In the next period, 175 student will go khuruj for one year insyaallah.
    It take eight years to study at Al Fatah. The system is quite similar with deoband. Apart from alim and tahfiz classes, they have takhassus in Shafii fiqh, lughatul arabiyyah dan qiraat shabaah with fourteen riwayahs. Some teachers are invited from Yamen and Egypt to teach in takhassus classes. One of the teacher, Syaikh Yusuf Al Adawi Al Misri recited syiir on madrasah graduation celebration here:

    http://www.2shared.com/audio/SwIqtgS…_Al-Adawi.html

    A student from Malaysia recite qiraatul qur’an bi riwayati Wars Annafi’

    http://www.2shared.com/audio/H2kgACz…ayati_War.html

    Apart from memorizing Qur’an, some student have already memorazed thousands of hadists.
    – 1 student has been memorizing 6,000 (six thousands) hadits
    – 1 student from Sabah Malaysia has been memorizing 5,500 hadits
    – 1 student has been memorizing 5,000 hadits
    – 3 students have memorized complete bulughul maram (haditsul ahkam), one from indonesia and two from Philipine
    – 2 students have been memorizing 2,500 hadits
    – 2 students have been memorizing 1,800 hadits
    – 9 students have been memorizing 1,500 hadits
    – 1 student has been memorizing 1,400 hadits
    – 1 student has been memorizing 1,250 hadits
    – 39 students have been memorizing 1,000 hadits
    – And many others have been memorizing less than one thousand hadits
    Some students who have memorized 6,000 hadits and bulughul maram demonstated their capability in reciting hadits

    http://www.2shared.com/file/ApzYbGea/hadits.html

    4 students have memorized complete one thousand bait Alfiyah Ibn Malik. Here some baits are recited by those students

    http://www.2shared.com/audio/cS_wOP9…hIbnMalik.html

    Some students have memorized some matan kitab, I mention some as follows
    Al ajromiyah (35 students), Arbain Nawawiyah (11), Musthalah hadith Baiquniyah (115), Qawaidul ‘Ilal (164), Aqidatul awam (124), Bidayatus sibyan (65), ‘Imriti (59), Qawaid Fiqhiyah (2), Ushul Fiqh warokat (58), Tuhfatul Athfal (73), Hadith Miah (92), Qadhul ghoib (5), Amtsilah tasrifiyyah (23), Nazom Maqsud (1), Nazhom ta’limul muta’llim (4), Syifaul jinan (32), Musthalah hadith qawaid asasiyyah (1)
    A senior teacher in madrasah who is graduated from Raiwind told the important of memorizing matan kitab. He mentioned the word of ulama “those who have matan of knowledge then he has fortress of knowledge”. He criticized a student who only strong in da’wah but weak in knowledge. He named such student as “ahlul targhib”, someone who good in doing targhib and tasykil but can not give proper answer when questions regarding masail/syariah/fiqh coming from ummah. It seem that the madrasah want to produce a good ulama as well as good dai.
    My friend has a son who is studying at the madrasah. He just finish to memorize the whole qur’an and 200 hadits. He is only forteen years old and studying in alim class. In the next four years he will graduate. I hope he can memorize many other hadits up to thousands as his seniors did. More than 50% of alim class are hufaz.
    The celebation was closed by reciting shalawatunnabi

    http://www.2shared.com/audio/UrQDrup…lul_Qiyam.html

    http://www.2shared.com/file/LBeZYUuS…awatanMP3.html

    http://www.2shared.com/file/ju-QrPcu…awatanMP3.html

    The achievements might be astonishing. As for me, the most interesting is that the madrasah has strong connection with the people outside madrasah. On daily basis, the mosques around madrasah send their jamaat to markaz as zakirin (people who make zikir). The madrasah/markaz is connected to tasawuf. They also attend daily musyawarah in markaz in such away that takazah from markaz will be brought to daily musyawarah in their mosque/maqomi.
    There are many other things I can not write here especially regarding the female madrasah which has some great achievements as well.
    On one ocassion, the late father of the current principle came to the late hadraji Innamul Hasan for an advice. Hadraji told him to stick on work of da’wah and tabligh. Allah put lot of barakat on it.
    Before engaging in the effortof da’wah, the madrasah was similar with many other traditional madrasahs in Indonesia. During ramadhan they performed 20 rakaats taraweh with three rakaats witir. Imam recited some short surah in juz 30 quickly in such away that tarawih finished within one hour. Around the year 80’s, a jamaat from pakistan came to madrasah. The jamaat told that they never sweat during tarawih except in Indonesia because imam was too fast in reciting surah. Today, in the madrasah, they recite 1 or 2 juz qur’an during taraweh. Some student recite 7.5 juz qur’an during taraweh, even in the last part of ramadhan some students recite 20 out of 30 juz qur’an during taraweh prayer. Then they recited complete qur’an twice within three nights.
    Finally, I have seen the blessing on the madrasah with my own eyes.

    source” http://www.sunniforum.com/forum/showthread.php?4394-Experiences-Karguzaris-from-Tabligh/page10

    Saya kurang faham ttg pesantren. Apakah ini ( penghafal hadits) merupakan hal yg biasa di pesantren2 di Indonesia?

    Kemudian bagaimana dgn kutubus sitah? apakah juga di pelajari di Temboro? sebagaimana di Sri Petaling Malaysia

    terima kasih

  183. suma mengatakan:

    Assalamu’alaikum
    Begitu baca artikel Ponpes Temboro, ana jd pengen kesana. Pengen tau rasanya hidup didlm lingkungan yg religi, yg slma ini ana rasakan beda dilingkungan ana. Alhamdulillahnya suami ana sudah pernah kesana dn cerita byk soal Temboro. krn suami ana org Tabliq (Usaha Dakwah). Dulu memang ana berpikir negatif pd orang di Usaha Dakwah krn ada keluarga yg dr ormas islam lain yg sllu menghujat JT. akhirnya ana berpikiran sama, tp setelah denger lagsung dr suami dan ana cr info dari sahabat2 yg terjun langsung juga pr Masturoh. Subhannalloh betapa mulia cara mereka, insyaAllah niat ana juga ingin Keluar bersama Masturoh yg lain. Jika ana ada kesempatan ana ingin ke temboro dan anak2 ana mondok disana.

  184. tejo h mengatakan:

    maaf apakah ponpes ini sm dgn yg ada di berita :
    masbagio.blogspot.com/2012/11/bu-endang-pesantren-jancukan-dan-negeri.html?m=1,
    krn saya dpt info tautan di twitter.
    mungkin ada yg bisa meng klarifikasi hal tsb, maturnuwun.
    wassalam.

  185. afra mengatakan:

    artikelnya menarik…hehe..saya in sya Allah kalau ada waktu dan rezeki mau main2 kesana ,,mau tau info..kalau untuk musafir wanita ..ga ada tempat bermalamnya ya .hehe

  186. SUcii Dwi Rusanti mengatakan:

    ya allah, saya alumni pondok ini tahun 2002. hanya sebentar saya singgah di sana, saya rindu ya allah dengan suasana pondok temboro. izinkan hamba bersilatuhrahmi kesana lagi ya allah…

  187. rosmala aini mengatakan:

    boleh mintak no hp ngak biar bisa nanya soal nya abng ku mau masuk situ

  188. Abdillah mengatakan:

    Saya sempat 3 hari bermalam, walaupun ianya udah lebih 5 tahun yang lalu, tapi terasa seperti baru semalam berlalu. Damai melihat desanya, rumah-rumah dan penduduk serta sekitarannya. aduh rindu sekali (kangen).

  189. Abdillah mengatakan:

    Harapan dan doa mudah2an sepertimana Madinah mengirimkan daie2 ke seluruh alam Temboro juga akan melaksanakan tugas yang sama sehingga hari kiamat. Amin. JANGAN LUPA hantar jemaah ke Malaysia.

  190. doakan sy insyaAllah senin 27 bsok smpe temboro.. ada yg mau bareng..??

  191. fathina mengatakan:

    Mengapa harus menceritakan orang lain tentang aa gym.apa itu tidak termasuk ghibah? Topiknys temboro kok di bandingkan dengan yang lain.

  192. amalia mengatakan:

    Kalo ingin masuk jd santri temboro..ada syarat khusus g y?pgn bgt menimba ilmu d temboro

  193. Jhonny Dholet Misco mengatakan:

    temboro adalah satu desa yang kehidupannya patut kita contoh. jadi datang saja ke temboro. lihat langsung, biar ngak salah paham bagi yang salah paham. kalau bagi yang niatnya baik yang tambah baik melihat suasana di temboro.

  194. Jhonny Dholet Misco mengatakan:

    KALAU HATI KITA BAIK MELIHAT KEBAIKAN YANG YA NYETRUM/NYAMBUNG. TAPI KALAU HATI KITA BURUK, LIHAT KEBAIKAN YA NGAK SENANG/BURUK SANGKA. LIHAT KEBURUKAN BARU NYAMBUNG JUGA. JADI USAHA KEBAIKAN SEPERTI PESANTREN TEMBORO, YA KITA SYUKURI, USAHA BAIK, KAN HARUS KITA SUKAI. INSYA ALLAH MONDOK DI PESANTREN AL FATAH TEMBORO.

  195. Hamba Alloh mengatakan:

    assalamu alaikum
    sukses temboro
    sEMOGA SEMUA SANTRI SEHAT SELALU
    AMIN….

  196. Ahmad mengatakan:

    Assalamu’alaikum
    Ana pernah ke temboro dua kali waktu ada jord, Subhanallah pengen nangis rasanya.. Rindu pengen kesana lagi.
    Oh iya Ukhti/Akhi ada kumpulan bayan2 gak? ana pgn bgt dengerin bayan dari pondok Al Fatah.
    tlg blz ya. Syukron.

  197. Mohammad Jusoff mengatakan:

    Salam saya dari Malaysia,katanya temboro sangat istimewa tapi tak banyak liputan dan gambarnya di internet…kenapa ya..

  198. daniele mengatakan:

    Ass ……??? Saya mo nanyak pada sobat2 yg udah mondok di temboro… Apa saja ya yg di ajarkan di sana.??? Terus berapa lamanya belajar di temboro…?? Apaka kita mendapatkan ijasah di sana?? Apakah bisa menyambung skolah di mesir….??? Tolong jawab ya…

  199. Mai mengatakan:

    Assalamualaikum .
    Kami mahu ke sana utk daftar anak belajar.Siapa harus di hubungi.tolong e-mail kpd saya mai.salleh@gmail.com

  200. irwalex mengatakan:

    mau masuk pondok aja dehh

  201. Muhhammad Yahya mengatakan:

    Assalamualaikum,
    Insya Allah kami mau daftar anak kami untuk belajar / mondok di pesantern Temboro. Tolong infokan syarat, uang pendaftaran, uang sekolah, dan siapa yang harus kami hubungi. Tolong e-mail kepada saya : muhammad.yahya@effem.com

    Salam
    Yahya

  202. Yuk, belajar…

    Barokalloh

  203. iie mengatakan:

    assalamualaikum.wr wb..boleh nanya,,apa di temboro untuk sehari hari nya mengunakan uang dinar dirham atau uang rupiah..trms

  204. nanang dwi cahyono mengatakan:

    assalamualaiakum
    saya tertarik untuk mendaftarkan keponakan saya. bagai mana saya bisa mendapatkan informasi tentang pesantren temboro secara lengkap mulai dari keseharian sampai dengan kurikulumnya. terima kasih ..

  205. putri mengatakan:

    innalillahi wa inna illaihi rooji’un,telah meninggal dunia kyai haji ustad huzairon,semoga amal ibadah beliau diterima oleh Allah SWT,..meninggal tgl 21 juli 2014, bln ramadhan,dpt berit tadi pukul 19:45

  206. Zaidul Amri mengatakan:

    Innalillahi wa inna ilaihi raji’un, satu lagi pelita ummat telah padam, ya Allah berikan kami ganti yang lebih baik dengan rahmat Mu ya Allah..Ampun kan orang tua kami ya Allah, Pembimbing kami Ustd. Huzairon dengan rahmat dan kasih sayang Mu..amin

  207. dikatama mengatakan:

    subhanallah, membacanya saja bikin merinding, apalagi merasakan atmosfer islam yang begitu kental ….

    semoga tetap melestarikan ajaran agama menurut hadist dan al quran, dan di ikuti oleh kampung lainya ….
    aamiin ….

  208. Zaha Zakaria mengatakan:

    ampun sy bbaru sedang mencari gimana mau tinggal & belajar d Temboro & terbaca Fimadani berita al Fatah mantan dpimpin KH Uzairon.., al fatihah buat Allahyarham Gus Ron
    MY brothers & sisters, pls advise me cara terbaik sy boleh sesuaikan diri dengan masyarakat Temboro. Wsslm.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.609 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: